Beranda Satelit Depok Puskesmas Pancoranmas Bagi-bagi Obat Cacing

Puskesmas Pancoranmas Bagi-bagi Obat Cacing

0
Puskesmas Pancoranmas Bagi-bagi Obat Cacing
SEHAT : Siswa SD Yayasan Siloam berkumpul mengikuti penyuluhan dan pemberian obat kecacingan dari Puskesmas Pancoranmas. FOTO : WIDIA FOR RADAR DEPOK
puskesmas pancoranmas bagi obat cacing
SEHAT : Siswa SD Yayasan Siloam berkumpul mengikuti penyuluhan dan pemberian obat kecacingan dari Puskesmas Pancoranmas. FOTO : WIDIA FOR RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, PANCORANMAS – Puskesmas Pancoranmas membagikan obat cacing kepada siswa SD dan TK, Yayasan Siloam, Sabtu (29/02).

Perawat Program Kecacingan Puskesmas Pancoranmas, Widia Hastuti menuturkan, ini merupakan bulan pembagian obat cacing di Kelurahan Depok dan Pancoranmas.

Kegiatan tersebut berlangsung dalam dua bulan. Februari dibagikan di sekolah-sekolah, dan Maret untuk Posyandu. “Penerima obat merupakan anak usia 1 sampai 12 tahun. Februari anak usia 7-12 tahun dan Maret anak usia 1-6 tahun,” katanya kepada Radar Depok.

Widia mengungkapkan, faktor keadaan ekonomi keluarga menjadi penyebab seorang anak cacingan. Kondisi keluarga demikian, biasanya tinggal di lingkungan yang rentan kotor.

“Penyebab utamanya perilaku hidup bersih dan sehat, jika anak jarang mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Lalu, menyentuh barang kotor, cacing bisa masuk ke tubuhnya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Widia menambahkan, pembagian obat cacing dilakukan enam bulan sekali. Sasaran pada tahun ini sebanyak 2437 anak.

“Sebelum diberi obat cacing, anak wajib sudah makan. Minimal terisi perutnya, karena jika tidak maka pengkonsumsian obat cacing tidak akan bekerja secara maksimal dan menyebabkan anak menjadi lemas,” tegasnya.

Petugas Unit Kesehatan Sekolah SD Siloam, Hesti Suprihartati mengatakan, terdapat lebih dari 20 siswanya belum menerima obat cacing. Alasannya,cuaca tidak memungkinkan sehingga terpaksa diselesaikan secara cepat. “Terdapat 217 siswa SD yang dapat, dan 50 siswa TK,” katanya kepada Radar Depok.

Hesti berharap progran tersebut tetap berlanjut pada tahun-tahun berikutnya.

“Semua sekolah yang ada di Pancoranmas sudah bekerja sama dengan Puskesmas sehingga anak-anak yang terdaftar mengikuti program ini tidak dikenakan biaya,” jelasnya. (rd)

 

Jurnalis : Devina

Editor : Pebri Mulya