Rabu, Kota Malang Memutuskan Lockdown

In Utama
kota malang lockdown
ILUSTRASI

 

RADARDEPOK.COM, MALANG – Mulai Rabu (18/03) Pemerintah Kota (Pemkot) Malang menutup akses masuk dan keluar Kota Malang untuk mencegah penyebaran virus Korona. Kebijakan ini diambil sebelum Presiden Joko Widodo (Jokowi) melarang daerah untuk menetapkan status lockdown.

“Hari ini (16/03) sudah kami putuskan darurat. Namun, hari ini orang yang berkunjung di Kota Malang masih kami kasih waktu. Untuk yang hari ini masih kami tolerir, tapi kalau besok kami harapkan dipulangkan. Lusa sudah tidak boleh ada kunjungan dari orang luar Kota Malang dulu, termasuk keluar dari Malang,” tegas Wali Kota Malang Sutiaji.

Sutiaji berdalih keputusan tersebut untuk memudahkan mitigasi dan pencegahan penyebaran virus Korona di kotanya. Hal ini juga berkaca pada kebocoran yang terjadi di istana negara, setelah salah satu menteri dinyatakan positif Korona.

“Kami tidak ngerti orang ini membawa virus atau tidak. Istana saja kebobolan. Maka di sinilah kemudian Bapak Presiden menentukan darurat karena perputaran orang yang diisolasi sekarang kecolongan,” ungkap Sutiaji.

Sementara itu, Jokowi menggelar konferensi pers yang menyatakan melarang daerah untuk melakukan lockdown. “Perlu saya tegaskan yang pertama bahwa kebijakan lockdown baik di tingkat nasional maupun daerah adalah kebijakan pemerintah pusat,” terangnya.

“Kebijakan ini tidak boleh diambil pemda. Sampai saat ini tidak ada kita berpikiran ke arah kebijakan lockdown. Sekarang ini yang paling penting yang perlu dilakukan adalah bagaimana kita mengurangi mobilitas orang dari satu tempat ke tempat lain,” lanjut Jokowi. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

Irekap fc bagikan bantuan

IRETA FC Santuni Anak Yatim dan Janda

BERBAGI : IRETA FC memberikan santunan ke 150 orang dengan berbagi sembako langsung ke rumah

Read More...
Bank mandiri berbagi sembako 1

Mandiri Group Donasi Kemanusiaan Rp 10 Miliar

BERBAGI : Jajaran Bank Mandiri Area Depok bersama warga yang menerima paket sembako serta uang

Read More...
Kolak

5 Aneka Hidangan Berbuka Puasa di Berbagai Negara

RADARDEPOK.COM - Berpuasa di bulan Ramadan, bukan hanya tentang menjalani kewajiban. Tetapi, ada hal menarik di dalamnya, yakni menu

Read More...

Mobile Sliding Menu