Retail Dukung Pelarangan Kantong Plastik

In Metropolis
sampah plastik retail
ILUSTRASI

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Sejak 1 Maret 2020 Pemkot Depok melarang penggunaan kantong plastik di toko retail, pasar tradisional, dan toko modern.

Larangan itu tertuang dalam surat edaran Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok bernomor 6581/94-DLHK tertanggal 26 Februari 2020.

Corporate Communication Alfamart, Irvan Ganevan mengaku, sangat mengambut baik dan mendukung pelarangan tersebut. “Kami dukung program Pemkot Depok dalam mengurangi limbah kantong plastik sekali pakai di Depok,” ungkap Irvan kepada Radar Depok, Senin (9/3).

Irvan mengatakan, di tempatnya sudah tidak lagi menyediakan kantong plastik sejak dikeluarkannya surat edaran tersebut. Bahkan, ia telah menginstruksikan kepada seluruh toko Alfamart di Kota Depok untuk tidak lagi menyediakan kantong plastik sekali pakai. “Semua Alfamart di wilayah Depok melaksanakan kebijakan tersebut,” ujarnya.

Sebagai gantinya, sambung Irvan, pihaknya kini menyediakan kantong serba guna yang ramah lingkungan. Kantong tersebut dapat digunakan berkali-kali dan harganya pun terjangkau.

“Ukuran kecil kami menjual kantong dengan harga Rp4 ribu, sedangkan ukuran besar Rp5 ribu,” bebernya.

Dia menambahkan, jika masyarakat tidak mau membeli kantong tersebut, masyarakat diperbolehkan membawa kantong sendiri dari rumah, asal jangan kantong plastik sekali pakai yang dilarang Pemerintah Kota Depok.

“Boleh kalau mau bawa kantong sendiri dari rumah,” ucapnya.

Sementara itu, salah satu pembeli yang belanja di Alfamart, Suhermanto menuturkan, ia mendukung program tersebut. Ia menilai, keberadaan plastik sekali pakai memang harus dikurangi.

“Saya sih setuju saja kalau kantong kresek dilarang, tapi kalau bisa harga kantong ramah lingkunganya dikurangin Rp2 ribu misalnya,” katanya.

Sementara itu, Feby Anggraeni, pembeli di Alfamart di Jalan Raya Divisi Kostrad, Cilodong mengaku juga mendukung kebijakan tersebut. Maka dari itu, dia saat ini kalau belanja selalu membawa kantongan sendiri dari rumah.

“Dukung lah, saya aja udah bawa kantong sendiri dari rumah kalau mau belanja,” tutupnya. (rd)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar  (IG : @regarindra)

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

tarif listrik PLN

Tarif Listrik Indonesia Termurah Keempat di Asia Tenggara, Berikut Daftarnya

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM - Beberapa hari ini, banyak pelanggan yang mempertanyakan adanya tagihan listrik yang tiba-tiba naik

Read More...
SMAN 10 Depok berbagi sembako

SMAN 10 Depok Berbagi Paket Sembako

BERBAGI : Kepala SMAN 10 Depok, Siti Faizah (kiri) memberikan paket sembako kepada siswa dan

Read More...
ilustrasi pemeriksaan suhu badan pengendara

Begini Batasan Operasional Kendaraan di PSBB Jawa Barat

ILUSTRASI : Petugas memeriksa suhu tubuh pengendara saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) guna percepatan

Read More...

Mobile Sliding Menu