Rumah Kos Oyo Chataryn Disegel

In Metropolis
rumah kos disegel
DISEGEL : Petugas Satpol PP Kota Depok sedang menyegel bangunan rumah kos Oyo Chataryn di Kelurahan Kemirimuka, Kecamatan Beji. FOTO : INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK  – Sebuah bangunan di bilangan RT04/10, Kelurahan Kemirimuka, Beji, disegel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Depok. Penyegelan tersebut dilakukan lantaran bangunan yang dijadikan kos–kosan tersebut melanggar peraturan.

Kepala Satpol PP Kota Depok, Lienda Ratnanurdianny mengatakan, rumah kos yang berjuluk Oyo Chataryn itu disegel lantaran tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

“Langkah penyegelan bangunan ini kami ambil karena bangunan rumah kos sudah melanggar Peraturan Daerah (Perda) Nomor 13 tahun 2013 tentang IMB,” kata Lienda belum lama ini.

Dia mengungkapkan, Penyegelan dilakukan dengan menurunkan tim gabungan yang terdiri dari 20 personel Satpol PP, delapan personel kepolisian, enam personel TNI, lima personel Linmas, pihak kelurahan, kecamatan, hingga dibantu oleh RT-RW setempat.

“Penyegelan ini dibantu aparan kepolisian dan TNI serta elemen masyarakat,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Penegakan Perda Satpol PP Depok, Taufiqurakhman mengatakan, sebelum melakukan penyegelan, pihaknya sudah melakukan teguran kepada pemilik bangunan untuk melengkapi perizinannya. Namun, teguran tersebut tidak diindahkan.

“Kami sudah memberi surat peringatan sebelum dilakukan penyegelan, sehingga pelaksanaan penyegelan berjalan lancar tanpa perlawanan dari pemilik bangunan,” ujar Taufik.

Dia mengimbau seluruh elemen masayarkat, khususnya Ketua RT-RW dan tokoh masyarakat untuk turut membantu mengawasi dan melaporkan bila ada pemilik bangunan atau bahkan kos-kosan yang beroperasi, namun menyalahi ketentuan hukum yang belaku. Satpol PP mempersilakan masyarakat untuk melapor agar ditindak. Terlebih, terhadap bangunan yang sudah diberikan penyegelan oleh Satpol PP.

“Untuk penyegelan hari ini akan kami pantau terus. Karena kalau bangunan ini tidak memiliki IMB, maka akan sangat merugikan negara. Jika IMB sudah keluar, baru akan kami cabut tiang papan segel,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar  (IG : @regarindra)

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

guru besar FTUI kenalkan

Guru Besar FTUI Kenalkan Biopestisida di Sembalun

MENGENALKAN : Guru Besar Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI), Prof Misri Gozan, dan tim terjun

Read More...
e sport dengan kadskominfo

Cabor E-Sports Hadir di Kota Depok, Pemkot Beri Dukungan

TERIMA : Kadiskominfo Kota Depok Sidik Mulyono yang menerima Audiensi Ketum PB E-Sports Indonesia Kota

Read More...
pelantikan e sport

Deklarasi, Inilah Struktur PB ESI Kota Depok

SEMANGAT : Suasana pengukuhan pengurus PB ESI Kota Depok beberapa waktu lalu. FOTO : ISTIMEWA   RADARDEPOK.COM,

Read More...

Mobile Sliding Menu