Sekolah di Depok Waspada Korona

In Utama
pemeriksaan suhu tubuh di sekolah
DIPERIKSA : Petugas memeriksa suhu tubuh siswa menggunakan termometer non kontak saat sosialisasi di Sekolah Tunas Global, Kecamatan Pancoranmas, Selasa (3/3). Hal tersebut dilakukan sebagai upaya antisipasi virus korona pada usia dini dengan mengukur suhu tubuh saat memasuki sekolah dan mensosialisasi penggunaan masker yang benar. FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK Sekolah di Kota Depok mulai mengantisipasi penyebaran virus Korona. Sejumlah regulasi pun diberlakukan. Salah satunya berkaitan dengan pemakaian masker dan penerapan hidup bersih.

Di SD Nasional Plus Tunas Global, tindakan pencegahan dilakukan dengan lebih maju. Setiap harinya, seluruh siswa dan karyawan sekolah diperiksa suhu tubuhnya.

“Pengukuran suhu tubuh ini, malah kami berlakukan sebelum kasus Korona mencuat,” ungkap Kepala SD Nasional Plus Tunas Global, Muhammad Taufiqurahman kepada Radar Depok, Selasa (3/3).

Ia mengatakan, kalau kebijakan penggunakan masker, diberlakukan bagi yang sakit. Artinya untuk yang sehat, tidak disarankan memakainya. “Ada beberapa siswa yang memang kurang sehat, pakai masker. Kalau sehat tak perlu pakai lagi,” terangnya.

Lebih lanjut, sambung dia, tentang pemeriksaan suhu tubuh, tidak hanya bagi kalangan sekolah. Tamu yang berkunjung pun akan diperiksa.

“Kalau ditotal-total, baik murid dari TK, SD, SMP, karyawan, jumlahnya mencapai 600-an orang. Kebijakan ini (pemeriksaan suhu tubuh) sudah kami lakukan sejak Februari,” terang Taufiq, sapaannya.

Pihaknya sekolah pun berencana mengeluarkan regulasi khusus. Semisal, bagi yang suhu tubuhnya tinggi, dilarang masuk. Membatasi kontak fisik, serta membiasakan cuci tangan. “Masih banyak hal-hal teknis lainnya,” tandasnya.

Kebijakan tak jauh berbeda juga berlaku di SD Yaspen Tugu Ibu I. Siswa dianjurkan memakai masker. Kepala Sekolah SD Yaspen Tugu Ibu I, Suharti mengatakan, imbauan ini sudah pula disampaikan kepada seluruh wali siswa.

“Setelah mendapat informasi dari walikota, kami langsung berpesan kepada siswa maupun orang tua siswa bahwa yang memakai masker itu yang sakit saja,” katanya.

Dirinya menambahkan untuk mengurangi kekhawatiran orang tua siswa, pihaknya tetap memberlakukan pemakaian masker sampai Rabu (4/3). Siswa juga diminta untuk rajin mencuci tangan pakai sabun. “Untuk penyuluhan maupun pembinaan belum ada,” ujarnya.

Sementara itu, di SDN Anyelir I, saat upcara bendera juga telah disosialisasikan ihwal virus yang pertama kali muncul di Wuhan, Tiongkok ini.

“Informasi-informasi terbaru terkait gejalanya dan imbauan kepada anak-anak apabila ada temannya yang mengalami gejala yang mirip segala laporkan ke pihak sekolah,” ucap Guru SDN Anyelir I, Habudin,

Habudin mengungkapkan, awal proses pembelajaran, semua siswa memakai masker. Namun, anak-anak mulai melepas saat menjelang siang. “Pada lepas karena tidak nyaman menurut mereka, dan panas jadi faktor lain juga,” jelasnya.

Wakil Kepala Sekolah SMAN 1 Depok, Rosalina menyampaikan, saat ini, sekolah hanya melaksanakan anjuran yang diberika Walikota Depok Mohammad Idris.

“Pak Walikota kan pesannya, kita tidak usah panik. Jadi kami hanya berpesan kepada siswa untuk menjaga kesehatan dan membiasakan prilaku hidup bersih dan sehat,” tuturnya.

Rosalina juga mengungkapkan, pihak sekolah sigap dalam menangani siswa. Menurutnya, sekolah perlu meliburkan siswa sementara, apabila ada siswanya punya gejala yang mirip. “Kami akan merujuk ke Puskesmas terdekat, yaitu Puskesmas Pancoranmas, maupun rumah sakit. Kami siap apabila ada siswa kami yang mempunyai gejala demikian,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Junior Williandro, Devina

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

guru besar FTUI kenalkan

Guru Besar FTUI Kenalkan Biopestisida di Sembalun

MENGENALKAN : Guru Besar Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI), Prof Misri Gozan, dan tim terjun

Read More...
e sport dengan kadskominfo

Cabor E-Sports Hadir di Kota Depok, Pemkot Beri Dukungan

TERIMA : Kadiskominfo Kota Depok Sidik Mulyono yang menerima Audiensi Ketum PB E-Sports Indonesia Kota

Read More...
pelantikan e sport

Deklarasi, Inilah Struktur PB ESI Kota Depok

SEMANGAT : Suasana pengukuhan pengurus PB ESI Kota Depok beberapa waktu lalu. FOTO : ISTIMEWA   RADARDEPOK.COM,

Read More...

Mobile Sliding Menu