Stok Darah PMI Depok Menipis

In Metropolis
stok darah menipis
STOK DARAH : Petugas menunjukkan kantung darah di Kantor PMI, Grand Depok City, Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilodong. FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Wabah Virus Korona atau Covid 19 tidak hanya berdampak pada kesehatan, dan ekonomi masyarakat. Tapi, juga mempengaruhi ketersedian stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok.  Hingga Jumat (20/3), stok yang seharusnya 1.000 katung kini hanya puluhan.

Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Depok, Widya Astriyani mengaku, saat ini pihaknya tengah kelimpungan, lantaran stok darah di Depok yang mulai menipis. “Stok darah sedang tipis saat ini,” katanya kepada Radar Depok, Jumat (20/3).

Dia mengungkapkan, menipisnya stok darah dikarenakan banyaknya kegiatan donor darah di Depok dibatalkan, menyusul adanya larangan untuk melakukan kegiatan yang mengumpulkan banyak orang. “Sejak Korona mewabah, banyak kegiatan donor darah yang batal,” ucapnya.

Dia menyebutkan, stok darah yang tersedia saat ini hanya ada beberapa saja seperti PRC untuk golongan A 14 kantong, B 59, AB 8, O 13. Sementara itu, untuk TC golongan darah A 1 kantong, B kosong, AB kosong, O ada 8. Untuk TC Aferesis A kosong, B kosong, AB kosong, O kosong. Untuk FFP A 22, B 28, AB 20, 0 21. ” Untuk PRC dan FFP NAT, PRC A 14, B 10, AB 2, O 19, FFFP A 17, B 33, AB 17, O 42,” bebernya.

Dia menuturkan, Kota Depok saat ini membutuhkan donor dari semua golongan darah. Stok darah itu harusnya seminggu minimal tersedia 1.000 kantong. Namun, sekarang jumlahnya saat ini jauh dari itu. Untuk mengatasi hal tersebut, pihaknya tengah mengupayakan  membuat donor darah kembali. “Kami masih berupaya mengadakan giat sosmed dan sms gateway, agar pendonor rutin datang ke PMI Depok,” jelasnya.

Namun, jika hal itu tidak membuahkan hasil, langkah terakhir akan meminta donor pengganti dari keluarga pasien bila tidak ada darah sama sekali.

Sementara, Katar RW3 Kelurahan Abadijaya, M Nur Alam mengajak, seluruh warga Depok untuk mendatangi PMI Depok. Saat ini memang stok darah dibutuhkan. Apalagi, dalam menghadapi Korona. Belum lagi penyakit lainnya seperti Demam Berdarah Dengue (DBD). “Kami mengajak smeua ayo datang dan donorkan darahnya untuk sesama,” singkatnya. (rd)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar  (IG : @regarindra)

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

afifah bagi sembako di mampang

Afifah Bagikan 500 Paket Sembako di Pancoranmas

BAGIKAN : Afifah Alia membagikan 500 paket sembako ke beberapa RW di Kelurahan Mampang, Kecamatan

Read More...
kelurahan depok dobel bansos

Di Kelurahan Depok, Satu Rumah Dapat Bantuan Dua Bansos

KEJELASAN : Warga saat melakukan musyawarah di Kantor Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoranmas, perihal bantuan sosial

Read More...
satpol PP tutup pemancingan

Masih Ramai, Satpol PP Bubarkan Pemancingan di Cilodong

TINDAKAN : Anggota Satpol PP Kota Depok saat menutup Pemancingan yang masih buka di saat

Read More...

Mobile Sliding Menu