SMK Putra Bangsa US Online
AGENDA PENDIDIKAN : Suasana SMK Putra Bangsa saat pelaksanaan US dengan sistem online dari tanggal 23 - 26 Maret 2020. FOTO : PEBRI/RADAR DEPOK
SMK Putra Bangsa US Online
AGENDA PENDIDIKAN : Suasana SMK Putra Bangsa saat pelaksanaan US dengan sistem online dari tanggal 23 – 26 Maret 2020. FOTO : PEBRI/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang diterapkan sekolah-sekolah di Kota Depok, tidak membuat SMK Putra Bangsa melupakan agenda pendidikannya. SMK yang berlokasi di Gg. Kedondong, Jalan Margonda, Kecamatan Beji ini tetap melaksanakan Ujian Sekolah (US) untuk siswa kelas XII yang berjumlah 229 siswa, namun diterapkan dalam sistem online.

Wakil Kurikulum SMK Putra Bangsa, Ririn Kusrini mengatakan, dua pekan PJJ untuk pencegahan penyebaran virus Korona 16 – 29 Maret 2020, diantisipasi pihaknya dengan melaksanakan US dengan sistem online dari tanggal 23 – 26 Maret 2020. Jadi, dengan memanfaatkan website sekolah, siswa bisa mengerjakan soal-soal US yang sudah diinput di website tersebut.

“Agenda pendidikan di sekolah tetap harus berjalan, dan kami memanfaatkan teknologi untuk membuat US berbasis online, dan siswa bisa mengerjakannya dari rumah dengan laptop atau gadget yang dilengkapi jaringan internet,” ucapnya kepada Radar Depok, Senin (23/03).

Ririn menjelaskan, untuk teknis pengerjaannya, siswa dibagi menjadi tiga sesi, yakni sesi pertama dari pukul 08.00 sampai 10.00, sesi kedua dari pukul 10.00 sampai 12.00, dan sesi ketiga dari pukul 12.00 sampai 14.00. Sedangkan untuk jadwalnya, Hari pertama mata pelajaran Pendidikan Agama dan Pendidikan Kewarganegaraan, hari kedua Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, dan hari ketiga Matematika dan Paket Keahlian.

“Jumlah dan kesulitan soal sudah disesuaikan dengan waktu pengerjaannya, dimana satu mata pelajaran diberikan waktu 60 menit. Jadi tidak akan ada waktu untuk siswa membaca buku atau mencari bantuan yang lainnya, jadi tetap harus mengerjakan soalnya sendiri,” katanya.

Tidak hanya itu saja, tetapi dalam setiap soalnya memerlukan penalaran untuk pengerjaannya, jadi tidak murni berdasarkan teori yang ada di buku. Sehingga, siswa harus menggunakan penalarannya dalam mengerjakan soal-soalnya.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kota Depok dan Kantor Cabang Dinas Pendidikan Jawa Barat Wilayah II untuk pelaksanaannya,” terangnya.

 

SMK Putra Bangsa US Online
UJIAN : Siswa SMK Putra Bangsa sedang mengerjakan US secara online di rumahnya, Senin (23/03). FOTO : SMK PUTRA BANGSA FOR RADAR DEPOK

 

Sementara itu, Kepala SMK Putra Bangsa, Ade Kurnia menuturkan, dengan menerapkan metode US online tersebut, maka agenda sekolah tidak terganggu meskipun ada kebijakan siswa belajar di rumah. Ini juga bagian dari mendukung pemerintah untuk tidak mengumpulkan banyak orang di satu tempat dalam satu waktu, sehingga turut mencegah adanya penyebaran virus Korona di lingkungan sekolah.

“Teknologi sekarang ini sudah semakin maju, tentu dunia pendidikan harus bisa beradaptasi akan hal tersebut. Semoga penyebaran virus Korona ini bisa ditangani dengan baik dan ditemukan obatnya segera,” katanya. (rd)

 

Jurnalis/Editor : Pebri Mulya