Tetap Salim, Tetapi Kuatkan PHBS di Sekolah

In Pendidikan
muhammad thamrin virus korona
Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok, Muhammad Thamrin.

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Mulai merebaknya virus Korona di dunia, dan Kota Depok sebagai tempat singgah pertama dari virus yang sudah mewabah Indonesia. Tidak membuat dunia pendidikan khawatir, dan salah satunya adalah pembiasaan-pembiasaan di sekolah yang salah satunya adalah tentang salam atau salim.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok, Mohammad Thamrin mengatakan, tidak ada perubahan sikap keseharian di sekolah, terutama dalam hal budaya salim atau bersalaman dengan guru. Tetap seperti biasa seperti sebelum adanya virus Korona merebak.

“Tidak ada yang berubah dalam segi budaya bersalaman di sekolah, baik dengan guru ataupun dengan sesama siswa, meskipun ada isu virus Korona,” ucapnya kepada Radar Depok, Senin (8/3).

Thamrin menuturkan, jika ada perubahan dengan tata cara salaman atau salim di sekolah, malahan bisa membuat siswa khawatir, dan bisa jadi tidak nyaman saat berada di sekolah. Jadi, lebih memilih untuk tidak ada perubahan dari segi budaya bersalaman.

Tetapi yang menjadi intinya adalah bukan tentang perubahan tata cara bersalaman, tetapi lebih menekankan pada penerapan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) dalam kehidupan sehari-hari. Karena hal tersebut yang bisa membuat seseorang terhindari dari penyakit, dan salah satunya adalah virus Korona.

“Sekolah harus terus-terusan mensosialisasikan dan mendisiplinkan siswa dalam penerapan PHBS dalam kehidupan sehari-hari. Lalu jika ada siswa atau guru yang sakit, sebaiknya mengenakan masker,” katanya.

Sementara itu Kepala SMAN 9 Depok, Dede Agus Suherman menuturkan, tidak ada perubahan budaya tentang budaya salim atau salaman di sekolah. Tetap berjabat tangan atau cium tangan untuk siswa dengan guru. Menurutnya jangan sampai budaya khas Indonesia, yakni salim hilang di sekolah. Karena, itu adalah bagian dari pembentukan karakter, dimana menghormati dan menghargai orang yang lebih dewasa.

“Salaman masih berjalan normal dan siswa diimbau untuk rajin mencuci tangan dan menjaga hidup bersih,” terangnya. (rd)

 

Jurnalis/Editor : Pebri Mulya

You may also read!

tarif listrik PLN

Tarif Listrik Indonesia Termurah Keempat di Asia Tenggara, Berikut Daftarnya

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM - Beberapa hari ini, banyak pelanggan yang mempertanyakan adanya tagihan listrik yang tiba-tiba naik

Read More...
SMAN 10 Depok berbagi sembako

SMAN 10 Depok Berbagi Paket Sembako

BERBAGI : Kepala SMAN 10 Depok, Siti Faizah (kiri) memberikan paket sembako kepada siswa dan

Read More...
ilustrasi pemeriksaan suhu badan pengendara

Begini Batasan Operasional Kendaraan di PSBB Jawa Barat

ILUSTRASI : Petugas memeriksa suhu tubuh pengendara saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) guna percepatan

Read More...

Mobile Sliding Menu