Beranda Metropolis Virus Korona ke Depok, Transportasi Lancar-lancar Saja

Virus Korona ke Depok, Transportasi Lancar-lancar Saja

0
Virus Korona ke Depok, Transportasi Lancar-lancar Saja
PERIKSA: Kadishub Kota Depok saat melakukan tinjauan ke terminal Depok pasca isu Corona pecah di Kota Depok. FOTO : RUBIAKTO/RADAR DEPOK
transportasi lancar ada korona
PERIKSA : Kadishub Kota Depok saat melakukan tinjauan ke terminal Depok pasca isu Corona pecah di Kota Depok. FOTO : RUBIAKTO/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Penanganan virus Korona terus dilakukan Pemerintah Kota Depok. Setelah dua warga Depok divonis poditif, tidak terlalu mempengaruhi transportasi yang masuk dan keluar dari Kota Depok. Malah sejauh ini, semua berjalan lancar, dan normal.

Situasi di Terminal Depok Jalan Margonda Raya mislanya, terpantau aman dan lancar. Transportasi yang datang dan masuk ke Kota Depok datang sesuai jadwal. Kendaraan yang hilir mudik di terminal pun tak ada yang berubah.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, Dadang Wihana mengatakan, perjalanan transportasi di terminal Depok aman. Beruntung korona tidak menyerang sistem transportasi Kota Depok.

“Transportasi normal tidak ada yang berubah, penumpang pun sangat tenang normal seperti biasanya,” kata Dadang, kepada Radar Depok.

Sementara, dia juga mengingatkan kepada penumpang agar melakukan budaya hidup bersih. Saling jaga antara penumpang, tanpa harus menimbulkan rasa saling curiga antara penumpang. “Semua lancar, penumpangpun tidak merasa panic, dan saling menghargai sesame penumpang,” kata Dadang.

Terpisah, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) telah melakukan langkah antisipasi pencegahan terhadap penyebaran virus korona. PT KCI menyiagakan petugas On Train Cleaning (OTC), yang secara rutin menjaga kebersihan di dalam perjalanan KRL.

Tak hanya itu, PT KCI pun melakukan imbauan kepada penumpang KRL untuk menjaga kebersihan lingkungan stasiun. Dan kereta juga imbauan menggunakan masker saat sedang flu, batuk atau dalam masa penyembuhan. Terakhir, dilarang meludah sembarang di area stasiun dan di kereta.

“Saat ini, PT KCI sedang menyiapkan pengumuman terkait pencagahan penyebaran virus Corona di PID/TV KRL untuk bisa disosialisasikan langsung kepada pengguna jasa,” ujar VP Corporate Communication PT KCI Anne Purba, kepada Radar Depok.

PT KCI juga mengimbau, bagi para pengguna jasa KRL yang mempunyai keluhan kesehatan, untuk mengunjungi pos kesehatan yang tersebar di 30 stasiun. Petugas kesehatan akan melakukan pemeriksaan kepada pengguna jasa KRL yang memiliki keluhan. Apabila keluhannya berat, petugas kesehatan akan mendampingi hingga mendapatkan rujukan ke rumah sakit terdekat.

“Merebaknya penyebaran virus Novel Coronavirus (2019-nCoV) atau yang lebih dikenal dengan nama virus Corona, di Indonesia khususnya di Jabodetabek membuat berbagai pihak melakukan antisipasi pencegahan terhadap penyebarab virus yang menyerang pada saluran pernapasan tersebut,” ujar Anne.

PT KCI menegaskan, sebagai moda transportasi publik, PT KCI juga ikut peduli terhadap pencegahan bahaya virus korona. PT KCI sendiri telah melakukan berbagai macam kegiatan terkait sosialisasi virus korona. Dan antisipasi pencegahan penyebarannya sejak tanggal 3 Februari lalu, hingga saat ini di berbagai Stasiun.

Petugas kesehatan PT KCI melakukan pembagian masker gratis kepada pengguna jasa KRL, serta melakukan sosialisasi dan edukasi tentang cara mencuci tangan yang bersih, etika bersin/batuk di tempat umum, serta pemasangan media sosialisasi terkait virus corona dan pencegahannya di 80 stasiun KRL. (rd)

 

Jurnalis : Rubiakto (IG : @rubiakto)

Editor : Pebri Mulya