Yeti Dominasi Politisi Perempuan

In Utama
pilkada depok untuk perempuan
(Kiri-kanan) Yeti Wulandari, Qonita Luthfiyah, Afifa Alia, T. Farida Rachmayanti.

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Konstelasi politik di Kota Depok bukan menjadi hajat untuk kaum adam saja. Sejauh ini di Pilkada Kota Depok tahun 2020, sudah ada beberapa nama dari perempuan yang muncul ke permukaan.

Diantara 13 nama yang disematkan Radar Depok di Simulasi Pilkada Kota Depok Tahun 2020, ada empat nama perempuan yang tercantum. Empat nama ini diprediksi bakal ikut kancah Pilkada Kota Depok Tahun 2020. Diantaranya, Afifa Alia dari PDI Perjuangan, Qonita Luthfiyah dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), T. Farida Rachmayanti dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Yeti Wulandari (Partai Gerindra).

Dari keempat nama tersebut, Yeti yang sekarang ini menjadi Anggota DPRD Kota Depok mencatatkan jumlah suara terbanyak untuk kalangan perempuan, baik untuk menjadi walikota ataupun wakil walikota. Dikategori walikota, Yeti berhasil meraih 5,61 persen dari total 892 surat suara yang disebar.

Sedangkan untuk kategori wakil walikota, Yeti meraih suara yang cukup banyak, yaitu 11,55 persen. Bahkan dengan torehan itu, Yetti menduduki peringkat kedua dari keseluruhan, atau lebih tepatnya dibawah Pradi Supriatna yang meraih 13,93 suara di kategori wakil walikota.

Lanjut ke salah satu perempuan yang berhasil meraih suara kedua terbanyak, yakni ada T. Farida Rachmayanti. Salah satu bakal calon walikota dalam Pemilu Raya (Pemira) yang diadakan DPD PKS Kota Depok tersebut, berhasil meraih 3,92 persen di kategori walikota, dan meraih 6,46 persen di kategori wakil walikota.

Di posisi ketiga ditempati oleh Ketua DPC PPP Kota Depok, yakni Qonita Lutfiyah yang berhasil meraih 3,70 persen di kategori walikota, dan 5,89 persen di tingkat wakil walikota. Ditempat terakhir dari urutan perempuan yang meraih suara terbanyak dari Simulasi Pilkada Kota Depok Tahun 2020, ada Afifah Aliyah dari PDI Perjuangan. Ketua DPC Bamusi Kota Depok tersebut berhasil meraih 2,69 persen untuk kategori walikota dan 3,06 persen untuk kategori wakil walikota.

Melihat dari seluruh catatan suara yang diraih empat perempuan tersebut, suara yang diraih lebih banyak posisi wakil walikota ketimbang walikota. Bahkan, Yeti berhasil menjadi peraih suara terbanyak kedua di kategori wakil walikota dari 13 nama yang diikutsertakan seluruhnya.

Itu menunjukan masih adanya kepercayaan dari masyarakat Kota Depok untuk hadirnya pemimpin perempuan di Kota Depok, tetapi posisinya sebagai wakil walikota.(rd)

 

Jurnalis/Editor : Pebri Mulya

You may also read!

guru besar FTUI kenalkan

Guru Besar FTUI Kenalkan Biopestisida di Sembalun

MENGENALKAN : Guru Besar Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI), Prof Misri Gozan, dan tim terjun

Read More...
e sport dengan kadskominfo

Cabor E-Sports Hadir di Kota Depok, Pemkot Beri Dukungan

TERIMA : Kadiskominfo Kota Depok Sidik Mulyono yang menerima Audiensi Ketum PB E-Sports Indonesia Kota

Read More...
pelantikan e sport

Deklarasi, Inilah Struktur PB ESI Kota Depok

SEMANGAT : Suasana pengukuhan pengurus PB ESI Kota Depok beberapa waktu lalu. FOTO : ISTIMEWA   RADARDEPOK.COM,

Read More...

Mobile Sliding Menu