BPJS kesehatan berobat lebih baik
LEBIH BAIK: Kosasi peserta JKN-KIS asal Kota Depok ini mengungkapkan rasa kebahagiaannya menjadi peserta JKN-KIS. FOTO : ISTIMEWA
BPJS kesehatan berobat lebih baik
LEBIH BAIK : Kosasi peserta JKN-KIS asal Kota Depok ini mengungkapkan rasa kebahagiaannya menjadi peserta JKN-KIS. FOTO : ISTIMEWA

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Peluncuran Program JKN-KIS pada tahun 2014 menjadi bukti kehadiran negara dalam menyediakan jaminan kesehatan yang lebih baik kepada masyarakat. Tak cukup sampai disitu, terdapat sekitar 60 persen dari masyarakat Indonesia didaftarkan menjadi peserta JKN-KIS yang ditanggung oleh negara.

Hal ini memperlihatkan kesungguhan negara dalam memberikan kesejahteraan kepada rakyat. Salah satu peserta JKN-KIS yang ditanggung oleh negara yaitu Kosasi.

Kosasi, peserta JKN-KIS asal Kota Depok ini mengungkapkan rasa kebahagiaannya menjadi peserta JKN-KIS. Menurutnya sejak ia didaftarkan oleh pemerintah menjadi peserta JKN-KIS, permasalahan kesehatan dirinya dan keluarganya dapat tertangani dengan baik.

“Dulu sebelum saya terdaftar sebagai peserta JKN-KIS, kalau sakit paling saya beli obat di warung karena penghasilan saya tidak menentu dan sangat pas-pasan. Tapi sejak terdaftar sebagai peserta JKN-KIS, saya akhirnya bisa pergi berobat ke Puskesmas tanpa khawatir masalah biaya pengobatan,” ujar Kosasi.

Lebih lanjut, Kosasi yang kini bekerja sebagai buruh harian lepas itu mengungkapkan bahwa pernah suatu ketika dia merasakan sakit dan membutuhkan tindakan perawatan. Namun, saat itu ia mengaku tidak memiliki uang untuk berobat. Akhirnya ia hanya memilih untuk beristirahat di rumah dan berharap kondisinya bisa cepat pulih kembali. “Kondisi keuangan keluarga saya sangat pas-pasan. Saya tidak punya apapun yang bisa dijual untuk menghasilkan uang. Jadi kalau sakit pasti pusing masalah biaya. Paling saya meminjam uang ke tetangga untuk biaya pengobatan. Saya tidak mungkin mungkin meminjam uang di bank karena bunganya sangat tinggi. Saya akan kesulitan untuk melunasinya,” ujar Kosasi.

Namun, dengan hadirnya Program JKN-KIS, Kosasi sangat berterima kasih kepada pemerintah karena telah didaftarkan sebagai peserta JKN-KIS. Menurutnya hal itu cukup mengurangi beban dirinya dan kesejahteraan keluarganya sedikit meningkat. Bahkan ia sudah bisa sedikit menabung dari penghasilannya yang sangat pas-pasan. Lebih lanjut Kosasi berharap agar Program JKN-KIS terus dikembangkan, karena program tersebut sangat membantu masyarakat. Seperti yang telah ia rasakan sendiri. Menurutnya Program JKN-KIS merupakan solusi pemerintah memberikan akses kepada masyarakat untuk memperoleh pelayanan kesehatan tanpa perlu mengkhawatirkan masalah keuangan.

Sementara, untuk keterangan lebih lanjut bisa menghubungi care center 1500400 selama 24 jam atau bisa diakses www.bpjs-kesehatan.go.id. Bisa juga membuka atau bertanya di media sosial Facebook BPJS Kesehatan, Twitter @BPJSKesehatanRI, Instagram bpjskesehatan_ri, You Tube BPJS Kesehatan dan Kaskus bpjskesehatan. (DT/mr)

 

Editor : Pebri Mulya