menikah online
LAYANI : Buku nikah yang dikeluarkan Kemenang sebagai bukti pasangan nikah telah tercatat, Rabu (1/4). FOTO : DICKY/RADAR DEPOK
menikah online
LAYANI : Buku nikah yang dikeluarkan Kemenang sebagai bukti pasangan nikah telah tercatat, Rabu (1/4). FOTO : DICKY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Setelah Pemerintah memperpanjang masa kerja di rumah untuk Aparatur Sipil Negara (ASN), memberikan dampak kepada pelayanan masyarakat khususnya di Kementerian Agama. Begitupun yang terjadi di Kementerian Agama (Kemenang) Kota Depok pada pelayanan pencatatan nikah.

Kasi Bimas Islam Kemenag Kota Depok, Hasan mengatakan, masyarakat tidak perlu khawatir atas perpanjangan kerja di rumah yang diberilakukan Pemerintah. Kemenag Kota Depok memastikan pelayanan catatan nikah tetap diberikan kepada masyarakat Kota Depok. Namun, Calon Pengantin (Catin) yang ingin mendaftar di saat Work From Home (WFH), dapat meminta pelayanan melalui sistem online.

“Untuk pendaftar baru saat WFH dapat melakukannya melalui online Kemenag,” ujar Hasan kepada Radar Depok.

Hasan menjelaskan, catin yang ingin mendaftar dapat melalui situs simkah.kemenang.go.id. Nantinya, Catin dapat mengisi sesuai petunjuk di website tersebut, mulai dari klik daftar nikah, lalu pilih nikah di mana. Pilih nikah di mana meliputi Provinsi/Kab/Kota/Kecamatan, tanggal dan jam, masukan data calon suami dan calon istri, checklis dokumen, masukan No HP, upload foto, dan cetak bukti penda.

Hasan mengungkapkan, apabila Catin yang melakukan daftar nikah masih dalam situasi penyebaran virus Korona, Kemenang Kota Depok, melalui Kantor Urusan Agama (KUA) yang berada di tiap kecamatan tidak memberikan bimbingan catin. Namun, apabila penyebaran virus Korona telah selesai, KUA akan kembali memberikan bimbingan catin sebelum melakukan akad nikah.

“Apabila yang sudah mendaftar namun, masih dalam situasi sekarang ini, KUA tidak memberikan bimbingan nikah,” terang Hasan. (rd/dic)

 

Jurnalis : Dicky Agung Prihanto : (IG : @iky_slank)

Editor : Pebri Mulya