Di Jepang, Tiap Warga Dapat Rp14,5 Juta Hadapi Korona

In Utama
BLT di negeri jepang
ILUSTRASI

 

RADARDEPOK.COM – Pemerintah Jepang tengah serius untuk mengentaskan penyebaran virus Korona. negara dibawah kepemimpinan Perdana Menteri Shinzo Abe ini akan membagikan uang tunai untuk membantu perekonomian warganya. Bantuan tersebut seperti Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang ada di Indonesia.

Dikutip dari Kyodo News, setiap penduduk Jepang mendapat dana sebesar 100 ribu yen atau setara Rp 14,5 juta. Tetapi, BLT ini diberikan kepada seluruh warga, tanpa membedakan kaya atau miskin.

Rencana aebelumnya, Abe menawarkan skema BLT berupa pemberian dana tunai sebesar 300 ribu yen (Rp 43,5 juta), namun hanya diberikan kepada kelompok penduduk paling miskin. Namun skema ini ditolak, bahkan oleh partai koalisi pemerintah sendiri, karena dianggap terlalu sedikit yang akan menerimanya.

Selain itu, proposal awal BLT yang disodorkan Pemerintah dianggap terlalu rumit dan berbelit-belit. Karena dalam skema awal, penduduk Jepang harus bisa membuktikan dulu terdampak virus Korona secara ekonomi, baru bisa mendapat BLT dari Pemerintah.

“Kami membutuhkan langkah yang akan memberi manfaat bagi lebih banyak orang,” kata Perdana Menteri, Shinzo Abe, dalam pertemuan dengan Gugus Tugas Pemerintah untuk Penanganan Virus Korona.

Pemberian BLT sebesar 100 ribu yen bagi setiap penduduk ini, memakan anggaran tiga kali lebih besar dibandingkan rencana awal. APBN Jepang harus dikuras 12 triliun yen, dibandingkan pemberian BLT secara terbatas yang hanya butuh anggaran 4 triliun yen.

Lonjakan pengeluaran ini membuat Pemerintahan Abe harus mengajukan perubahan APBN 2020. Hal ini akan dimintakan persetujuannya ke Parlemen pada Senin, 27 April 2020.

Persetujuan hampir pasti akan diterima Abe, mengingat partai-partai koalisi Pemerintah sudah mendukung langkah ini. Termasuk dari Sekjen Partai LDP Jepang , Toshihiro Nikai.

“Ada permintaan mendesak untuk proposal seperti pembayaran 100.000 yen untuk semua orang. Saya sangat mendesak pemerintah untuk mengambil tindakan cepat atas apa yang dapat dilakukannya,” katanya. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

PSHT bantu tenaga medis

PSHT Depok Berbagi Jamu dengan Tenaga Medis

PEDULI : Keluarga Besar PSHT barikan bantuan kepada tim medis di RS Brimob, Sabtu (18/04).

Read More...
APD kreasi dari UI

UI Kembangkan APD Respirator

DIKEMBANGKAN : Tim ahli dan peneliti Universitas Indonesia mengembangkan prototype Alat Pelindung Diri (APD), dalam

Read More...
mohammad idris baju ungu

Awasi Distribusi Bansos di Depok

Ketua Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Depok, Mohammad Idris.   RADARDEPOK.COM, DEPOK – Tim Gugus Tugas

Read More...

Mobile Sliding Menu