BPJS iuran JKN-KIS terjangkau
TERJANGKAU: Toha, pria yang berprofesi sebagai guru mengatakan Program JKN-KIS telah beberapa kali menolong keluarganya untuk bisa berobat. FOTO : ISTIMEWA
BPJS iuran JKN-KIS terjangkau
TERJANGKAU : Toha, pria yang berprofesi sebagai guru mengatakan Program JKN-KIS telah beberapa kali menolong keluarganya untuk bisa berobat. FOTO : ISTIMEWA

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Manfaat Program JKN-KIS telah terbukti sangat dirasakan oleh masyarakat. Sejak diluncurkan pada tahun 2014 lalu, Program JKN-KIS telah membuka akses yang lebih besar kepada masyarakat untuk dapat memperoleh pelayanan kesehatan dengan lebih baik. Seperti yang dirasakan oleh Toha dan keluarganya.

Toha pun tak segan berbagi kisahnya seputar Program JKN-KIS. Pria yang berprofesi sebagai guru tersebut menceritakan bahwa Program JKN-KIS telah beberapa kali menolong keluarganya untuk bisa berobat. Termasuk saat istrinya harus menjalani operasi caesar.

“Keluarga kami sudah sering silih berganti berobat dengan menggunakan kartu JKN-KIS. Mulai dari berobat penyakit ringan di klinik, sampai yang sakitnya berat di rumah sakit. Termasuk istri saya beberapa tahun lalu juga tertolong Program JKN-KIS saat akan menjalani operasi caesar untuk kelahiran anak kami,” ujar Toha.

Toha mengungkapkan bahwa dengan iuran yang ditetapkan oleh pemerintah untuk penyelenggaraan Program JKN-KIS masih dapat dijangkau oleh masyaraat. Apalagi dengan manfaat yang diberikan sangat banyak, dirnyajuga tidak mempermasalahkan atas adanya penyesuaian iuran yang dilakukan. Bahkan dari pengalaman dirinya dan keluarganya berobat dengan menggunakan kartu JKN-KIS, pelayanan yang diberikan kepada mereka sama baiknya dengan pelayanan yang diberikan kepada pasien lainnya yang berstatus sebagai pasien asuransi swasta atau pasien umum yang bayar pribadi.

“Iurannya tergolong murah kalau dibandingkan dengan manfaatnya. Hampir semuanya dijamin saat berobat dengan menggunakan kartu JKN-KIS. Bahkan saat operasi caesar istri saya tidak dipungut biaya sama sekali. Semua sudah dijamin dalam Program JKN-KIS. Jadi saya tidak perlu pusing lagi memikirkan masalah biaya operasinya,” ujar Toha.

Toha mengungkapkan bahwa meskipun ia dan keluarganya telah sering berobat dengan menggunakan kartu JKN-KIS, namun tak pernah sekali pun ia mengalami kesulitan. Menurutnya pengobatannya selalu berjalan dengan lancar. Hal yang menjadi kunci utamanya adalah mengikuti prosedur yang berlaku.

Sementara, untuk keterangan lebih lanjut bisa menghubungi care center 1500400 selama 24 jam atau bisa diakses www.bpjs-kesehatan.go.id. Bisa juga membuka atau bertanya di media sosial Facebook BPJS Kesehatan, Twitter @BPJSKesehatanRI, Instagram bpjskesehatan_ri, You Tube BPJS Kesehatan dan Kaskus bpjskesehatan. (DT/mr)

 

Editor : Pebri Mulya