Jangan Respon Agen Bus Janjikan Mudik

In Metropolis
jangan percaya tiket mudik
BUKA : Agen Bus Malam di Jalan Raya Jakarta Bogor, tepat di Kelurahan Palsigunung Selatan, Cimanggis masih tetap buka. FOTO : RUBIAKTO/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Masih adanya penyelenggara yang bisa mengantarkan mudik atau pulang kampung. Pemerintah Kota (Pemkot) Depok meminta jangan merespon agen bus yang menjanjikan mudik. Karena kebijakan larangan mudik sudah tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2020, tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri Tahun 1441 H dalam rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, larang mudik sudah diatur dalam peraturan menteri perhubungan. Jadi, kepada seluruh warga Depok untuk mengikuti pengaturan pemerintah dimaksud. Caranya dengan tidak melaksanakan mudik dan tidak merespon para pihak yang menjanjikan dapat mengantarkan mudik ke kota tujuan di luar Jabodetabek.

“Saat ini petugas sudah sigap melaksanakan pemeriksaan di wilayah perbatasan Jabodetabek, dan akan mengembalikan ke lokasi keberangkatan di dalam wilayah Jabodetabek,” jelas pria yang juga Walikota Depok ini, kepada Radar Depok, Rabu (29/04).

Sementara, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Depok, Dadang Wihana menyebut, menyerahkan pengawasan kendaraan yang akan keluar kota, pada petugas cek point di perbatasan Jabodetabek. Dadang mengatakan, saat ini setelah penerapan Perbatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan larangan mudik pengawasan perbatasan di cek point terus ditingkatkan.

“Semua sudah ada cek point di seluruh perbatasan Jabodetabek,” tegas Dadang.

Mengingat masih terdapat agen tiket bus yang menjual tiket, pihaknya heran. Pasalnya, pembatasan kendaraan yang keluar masuk Jabodetabek sudah dibatasi.

“Penjualan tiket harusnya sudah tidak bisa dilakukan, karena nanti di cek point akan dikembalikan (diminta balik arah ke kota asal, red) lagi,” kata Dadang.

Sementara diberitakan sebelumnya, adanya larangan mudik atau pulang kampung, belum sepenuhnya diikuti agen bus. Faktanya, agen bus malam di Palsigunung Selatan, Kecamatan Cimanggis Kota Depok, masih tetap beroperasi. Hebatnya lagi, mereka tidak melayani perjalanan keluar kota dengan bus. Tapi, agen bus menyiasatinya dengan menggunakan mobil yang lebih kecil. (rd/rub)

 

Jurnalis : Rubiakto (IG : @rubiakto)

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

Manajer Pemasaran PDAM Tirta Asasta Kota Depok, Imas Diyah Pitaloka.

Internal PDAM Harapkan Pemimpin Terbaik

Manajer Pemasaran PDAM Tirta Asasta Kota Depok, Imas Diyah Pitaloka.   RADARDEPOK.COM, DEPOK - Saat ini Pemerintah

Read More...
masjid jami al istiqomah

Mengulas Masjid Jami Al-Istiqomah : Tersisa Beduk, Sumur dan Dua Bongkahan Batu (2)

SOSOK : Mujti, pengelola Masjid Jami Al-Istiqomah sekaligus keturan ke-5 dari pendiri masjid. FOTO :

Read More...
DPRD jawa barat dari PKS

PKS Curigai Gelagat Gaduh Bansos Covid-19 di Jabar

  RADARDEPOK.COM, BANDUNG - Anggota DPRD Jawa Barat dari Fraksi Partai Keadilan Sosial (PKS), Abdul Hadi Wijaya menilai, ada pihak-pihak

Read More...

Mobile Sliding Menu