Jelang Ramadan Makam di Depok Diserbu Peziarah

In Metropolis
ziarah makam di depok
BERZIARAH : Menjelang puasa Ramadan 1441 Hijriah, banyak warga mengunjungi makam sanak keluarga untuk berziarah di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tanah Baru, Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji, Rabu (22/04). FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Menjalang puasa Ramadan 1441 Hijriah, masyarakat Kota Depok tidak melupakan tradisinya, salah satunya nyekar atau berziarah ke makam sanak keluarga. Tampak banyak warga mendatangi Tempat Pemakaman Umum (TPU) di sejumlah wilayah di Kota Depok, Rabu (22/04).

Salah seorang penjaga TPU di Kecamatan Sawangan, Latib mengatakan, masyarakat yang melakukan nyekar menjelang Ramadan sudah terlihat sejak Sabtu (18/4). Hal itu warga lakukan untuk menjalankan tradisi yang sudah terjadi sejak dulu.

“Masyarakat datang untuk mengunjungi makam keluarga yang di makamkan di TPU ini,” ujar Latib kepada Radar Depok, Rabu (22/4).

Latib menjelaskan, puncak warga yang nyekar terjadi pada Minggu (20/4). Sekitar 50 warga mendatangi makam untuk menabur bunga dan memanjatkan doa bagi sanak saudara yang telah meninggal. Banyaknya warga yang datang diperkirakan karena hari libur.

Di lokasi berbeda penjaga makam di wilayah Pancoranmas, Nasrul mengungkapkan, banyaknya warga yang datang nyekar, memberikan keberkahan tersendiri untuk penjaga makam. Sebabnya, banyak warga yang nyekar meminta Nasrul membersihkan makam dan mendapatkan uang tambahan sebagai pengganti lelah.

Nasrul menuturkan, tidak hanya menjelang Ramadan, banyaknya pengunjung TPU akan terjadi pada Hari Raya Idul Fitri. Tahun lalu, selama tiga hari pasca Idul Fitri pengunjung makam mencapai 150 orang. Tidak sedikit, dari pengunjung memberikan Tambahan Hari Raya (THR) kepada penjaga makam.

“Kami kerap menerima THR dari masyarakat yang keluarganya di makamkan di TPU yang kami jaga,” tutup Nasrul. (rd/dic)

 

Jurnalis : Dicky Agung Prihanto : (IG : @iky_slank)

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

Longsor di cilodong

Hujan Deras, Turap di Taman Depok Permai Sukamaju Longsor

EVAKUASI : Petugas Damkar Kota Depok dari Mako Kembang bersama Satgas Banjir Dinas PUPR saat

Read More...
antre beli sayur di depok

Gegara Korona, Belanja Sayur Pakai Jarak

BELANJA : Warga saat membeli sayur dengan teratur jaga jarak duduk di kursi yang telah

Read More...
lupakan politik utamakan kemanusaiaan

Lupakan Dulu Politik, Sekarang Kemanusiaan

BANTUAN : Anggota DPRD Jawa Barat dari Fraksi Gerindra, Rizki Apriwijaya (kiri) turut serta membantu penyaluran

Read More...

Mobile Sliding Menu