Kampung Sedekah Bersama Bantu Masyarakat

In Satelit Depok
kampung sedekah bersama
SOLIDARITAS : Pengurus Kampung Siaga Covid-19 RW 12, Kelurahan Beji saat membagikan sembako kepada warga yang terdampak Korona. FOTO : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, BEJI – Di tengah pandemi Virus Korona. Warga RW12, Kelurahan/Kecamatan Beji, semakin meningkatkan kepedulian dan kebersamaan sesama warga.

Ketua Kampung Siaga Covid -19 RW 12, Umar mengatakan, mereka membuat satu program bernama Kampung Sedekah Bersama. Program tersebut merupakan upaya warga untuk menyiasati bantuan dari pemerintah, yang belum menyeluruh.

“Program ini kami buat agar warga kami jangan terlalu berharap pada Pemerintah. Apalagi situasinya sedang kayak gini,” ungkapnya kepada Radar Depok, Rabu (22/04).

Dia menuturkan, dalam program tersebut, mereka menggerakan swadaya masyarakat untuk membantu perekonomian warga yang terdampak akibat korona.

“Kami membuat donasi berdasarkan keikhlasan warga. Berapapun besaran akan kami tampung. Bahkan Rp10 ribu sekalipun,” bebernya.

Lebih lanjut, kata dia, dari donasi tersebut akan dibelikan sembako berupa beras, minyak, gula, mi instan dan lainnya. Untuk penyaluran mereka melakukan pendataan warga yang benar-benar membutuhkan.  Menerapkan sistem survey online, dan pengecekan data secara langsung melalui Ketua RT masing-masing.

“Kita mendata berdasarkan strata ekonomi sosial, jadi kita akan mendata warga yang ekonominya mulai dari Rp0 – Rp500 ribu, dan Rp500 – Rp1 juta,” bebernya.

Dari data tersebut, pihaknya mendapatkan kesimpulan warga yang harus mendapat sunbangan di sana berjumlah 179 warga. “Bantuan itu akan kami berikan secsra simultan dua minggu sekali,” terangnya.

Sementara itu, Ketua RW12 Beji, Nisan menambahkan, selain memberikan sembako, mereka juga menyumbangkan barang-barang layak pakai.

“Kami juga membuka pintu donasi bagi warga Depok yang ingin membantu di BNI SYARIAH : 0805432164 An Soemardjo.  Jika ingin mendonasikan harap ditambah angka 12,” jelasnya.

Dia berharap, korona ini segera berlalu dan aktivitas masyarakat bisa kembali normal. “Kalaupun korona ini sudah usai nantinya, kami harap keguyuban masyarakat seperti saat ini masih harus terjaga,” tutupnya. (rd/dra)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar : (IG : @regarindra)

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

pembuatan sim online

Pembuatan SIM Bisa Gratis, Berikut Syaratnya

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM - Pemerintah membuat program gratis untuk biaya pembuatan dan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM). Ini sejalan

Read More...
Kebakaran TPS Pesona khayangan

Gegara Petasan, Terjadi Kobaran Api di TPS Pesona Khayangan

KOBARAN : Kobaran Api cepat menyebar membakar Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Pesona Khayangan Margonda, Kelurahan

Read More...
ilustrasi kartun hotel

Indonesia Posisi Pertama dalam Penambahan Hotel di Asia Tenggara

  RADARDEPOK.COM - Industri perhotelan akan memandang Tahun 2021 dengan penuh harapan untuk pemulihan dan pembaruan, setelah di tahun 2020

Read More...

Mobile Sliding Menu