Beranda Satelit Depok Kelurahan Sawangan Baru Aktif Cegah Korona : Semprot 2000 Liter Disinfektan

Kelurahan Sawangan Baru Aktif Cegah Korona : Semprot 2000 Liter Disinfektan

0
Kelurahan Sawangan Baru Aktif Cegah Korona : Semprot 2000 Liter Disinfektan
SIAPKAN DESINFEKTAN : Warga Sawangan Baru menyiapkan disintektan untuk penyemprotan. FOTO : ISTIMEWA
sawangan baru cegah korona
SIAPKAN DESINFEKTAN : Warga Sawangan Baru menyiapkan disintektan untuk penyemprotan. FOTO : ISTIMEWA

 

Kelurahan Sawangan Baru, Sawangan, melakukan penyemprotan disinfektan untuk mencegah penyebaran Korona. Tak main-main, ribuan liter disinfekan disiapkan.

Laporan : Indra Abertnego Siregar

RADARDEPOK.COM – Di depan kantor Kelurahan Sawangan Baru, tampak sekelompok bapak-bapak sedang mengisi cairan ke sebuah botol plastik berwarna putih. Cairan disinfektan.

Di lokasi tersebut, Fajar Mei Hendri, Sekretaris Kelurahan Sawangan Baru  mengatakan, mereka sedang mempersiapkan keperluan untuk kegiatan penyemprotan desinfektan masal di wilayahnya.

Penyemprotan dilaksanakan secara serentak menghabiskan sekitar 2000 liter disinfektan.

“Tujuannya untuk memutus rantai agar virus Korona  tidak menyebar di permukiman warga,” katanya sembari memasukkan cairan desinfektan ke dalam botol.

Ia meminta kepada masyarakat di  untuk mematuhi imbauan Pemerintah Kota Depok, untuk tidak keluar rumah kecuali bekerja. Itupun harus mengenakan masker, kemudian menjaga jarak, hindari kerumunan, dan meningkatkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan mencuci tangan menggunakan sabun.

“Jadi, imbauan Pemkot Depok harus dilaksanakan agar warga tidak terpapar virus Korona,” ujar pria yang juga Sekretaris Satgas Korona Kelurahan Sawangan Baru.

Mengenai pembuatan disinfektan, lanjut dia, dibuat oleh tenaga ahli yang merupakan warga di kelurahan tersebut. Dia menyumbangkan pikirannya untuk membuat disinfektan, sedangkan bahannya dibeli secara swadaya. Untuk penyemprotan disinfektan dilakukan 4 kali dengan jangka waktu tertentu.

Di tempat yang sama, Endang Yahya selaku Ketua RW8, mengakui, penyemprotan disinfektan sebanyak lima RT di RW8 sudah dilaksankan. Hal ini dilakukan untuk memutus rantai virus corona, sehingga warga tidak terpapar korona.

Dirinya juga meminta  kepada warga untuk meningkatkan PHBS untuk kepala keluarga dengan melaksanakan cuci tangan dengan sabun, kemudian menjaga jarak, hindari kerumunan.

“Ini sesuai dengan arahan kelurahan dan Pemkot Depok,” ujarnya. (*)

 

Editor : Pebri Mulya