Keren, Semprot Disinfektan Pakai Drone di Depok

In Metropolis
drone disinfektan polrestro depok
INOVASI : Markas Polres Metro Depok disemprot cairan disinfektan menggunakan drone, Rabu (1/4). FOTO : JUNIOR/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Markas Polres Metro Depok dan Kodim 0508/Depok disemprot cairan disinfektan, Rabu (1/4). Tentu, hal ini sebagai langkah menekan penyebaran virus korona.

Namun yang membedakan, penyemprotan dilakukan dengan teknologi canggih. Pakai drone. Tujuannya agar sebaran cairan merata di seluruh bagian gedung dan menyebar di sudut yang tak terjangkau.

Penyemprotan menggunakan drone ini pertama kalinya di Depok. Dengan teknologi ini penyemprotan pun menjadi lebih luas sebarannya. Selain itu penyemprotan menggunakan drone ini bisa lebih efektif untuk memberantas virus.

“Jadi yang dilakukan saat ini adalah dalam rangka mengikuti anjuran Pemerintah, bahwa kita harus bersama-sama menghambat penyebaran virus. Berbagai macam sudah diupayakan mulai dari penyemprotan massal dan parsial. Kebetulan ada upaya yang lain salah satunya dari udara yaitu menggunakan drone,” kata Kapolres Metro Depok, Kombes Azis Andriansyah.

Penyemprotan ini, jelas Azis, merupakan sukarela dari PT Nusa Indonesia. Kapolres menuturkan, metode ini bisa diterapkan di Depok dan akan diusulkan ke Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Depok.

“Kami bisa usulkan ke Gugus Tugas untuk memanfaatkan drone ini karena jangkauannya lebih besar  dibandingkan menggunakan transportasi darat. Kalau transportasi darat kita harus melewati gang yang mungkin sempit tidak terjangkau,” ucapnya.

Kababinminvetcad Kodam Jaya, Kolonel Inf Eko Natalius menambahkan, penyemprotan drone pertama kali di Depok ini merupakan sebuah terobosan. Diharapkan ini bisa menjadi contoh di wilayah lain.

“Saya baru lihat ini baru Depok yang begini. Tadi kita sudah lihat kecepatannya kita lihat kemampuannya. Saya rasa ini bisa menjadi contoh untuk wilayah lain,” katanya.

Sementara itu, CEO Nusa Indonesia, Rama Tribudiman menambahkan, teknologi ini sudah dimanfaatkan di wilayah perkebunan. Ditengah pandemi sekarang, teknologi ini bisa menjadi alternativ karena efektivitas sebaran dari drone sendiri. “Ini upaya untuk memerangi Covid-19 menggunakan disinfektan diangkat dengan drone. Ini mampu membawa 16 liter,” beber dia.

Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna menyambut baik ide tersebut. Kata dia, adanya drone, tentu akan lebih memudahkan dalam menyemprotkan disifektan. Dirinya juga memuji pihak-pihak swasta yang turut serta membantu pemberantasan korona.

“Saya benar-benar menaruh apresiasi,” pungkasnya. (rd/jun)

 

Jurnalis : Junior Williandro

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

presiden insentif dokter

Jokowi Putuskan Warga Dilarang Mudik

Presiden, Joko Widodo.   RADARDEPOK.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo memutuskan untuk melarang warga untuk mudik Lebaran

Read More...
PNS ilustrasi depok

Ramadan Datang, Ini Teknis Jam Kerja PNS/ASN

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM, JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( Menpan RB), Tjahjo Kumolo

Read More...
Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid

DPR: Perusahaan Pers juga Dapat Insentif Pajak

Ketua Komisi I DPR, Meutya Hafid.   RADARDEPOK.COM, JAKARTA - Perusahaan pers di Indonesia akan mendapatkan insentif

Read More...

Mobile Sliding Menu