kikav donor darah
AKSI : Anggota TNI satuan Kikav 1/ ESC tengah melakukan donor darah, di aula Kikav 1/ESC, Rabu (8/4). FOTO : LULU/RADAR DEPOK
kikav donor darah
AKSI : Anggota TNI satuan Kikav 1/ ESC tengah melakukan donor darah, di aula Kikav 1/ESC, Rabu (8/4). FOTO : LULU/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, CIMANGGIS – Membantu menjaga stok darah di saat pandemic Korona, Satuan Kikav 1/ ESC bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok, adakan kegiatan donor darah yang dilaksanakan di aula Kikav 1/ESC, Rabu (8/4).

Bater Kikav 1/ ESC, Sertu Yayat Supriatna mengungkapkan kegiatan yang dimulai dari pukul 08.00 hingga 11.30 WIB ini diikuti oleh 43 personel dengan hasil yang memenuhi persyaratan yaitu 34 pendonor.

“Hasil yang didapat dari kegiatan donor darah hari ini, diantaranya 7 kantong golongan darah A, 9 kantong B, 15 kantong O dan tiga kantong untuk golongan darah AB,” ucapnya kepada Radar Depok, Rabu (8/4).

Dia menuturkan, dalam pelaksanaan kegiatan donor darah tetap mengutamakan faktor Keamanan dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19.

\”Kami mengatur tempat duduk dengan jarak minimal satu hingga dua meter atau social distancing, seluruh peserta wajib menggunakan masker,” tuturnya.

Tak hanya itu, sambung Yayat, sebelum memasuki aula peserta juga dilakukan pengecekan suhu tubuh dan diharuskan menggunakan hand sanitizer yang sudah disiapkan.

“Petugas PMI juga menggunakan masker dan sarung tangan steril, sebelum dan setelah melaksanakan donor, dilakukan penyemprotan cairan disinfectan pada Velbed, pengecekan tekanan darah dan HB sebelum melaksanakan donor darah,” tuturnya.

“Pelaksanaan juga dilakukan secara bertahap, dengan 6 orang menunggu , 2 orang diperiksa Tensi dan HB dan 6 orang pelaksanaan Donor Darah. Semoga kegiatan yang kami lakukan ini dapat bermanfaat bagi banyak orang,” tukas Yayat. (rd/tul)

 

Jurnalis : Lutviatul Fauziah (IG : @lutviatulfauziah)

Editor : Pebri Mulya