Beranda Politika Manfaatkan Kartu Pra Kerja

Manfaatkan Kartu Pra Kerja

0
Manfaatkan Kartu Pra Kerja
DENGARKAN : Anggota DPRD Jawa Barat, M Faizin saat meggelar reses di Kota Depok. FOTO : RICKY/RADAR DEPOK
faizin manfaatkan kartu pra kerja
DENGARKAN : Anggota DPRD Jawa Barat, M Faizin saat meggelar reses di Kota Depok. FOTO : RICKY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Anggota Komisi 4 DPRD Jawa Barat (Jabar), M. Faizin mengajak seluruh warga Jawa Barat yang belum berkerja untuk mendaftar dan memanfaatkan program Kartu Pra Kerja melalui di website resmi dengan login di www.prakerja.go.id.

Kata dia, program ini akan menjangkau 5,6 juta orang. Namun, untuk tahap pertama ini hanya dibuka pendaftaran untuk 164.000 peserta. “Jadi, manfaatkan program ini. Warga Jabar harus memiliki keterampilan,” kata Faizin kepada Radar Depok, Senin (13/4).

Ia menerangkan, Kartu Pra Kerja adalah program yang digalangkan,
dalam rangka program pelatihan dan pembinaan warga negara Indonesia
yang belum memiliki keterampilan. Kartu tersebut dipromosikan oleh Presiden Joko Widodo, pada masa kampanye Pemilu Presiden 2019.

“Pada tahap awal Kartu Pra Kerja akan mulai diterapkan di Jabodetabek dan Jabar. Penerapan di kedua wilayah ini sekaligus menjadi pilot project sebelum diterapkan menyeluruh secara bertahap,” papar politikus PKB ini.

Nantinya, sambung Faizin, para peserta bisa mendapatkan skill baru (skilling), meningkatkan keterampilan di bidang yang ditekuni (upskilling), dan keterampilan baru (reskilling). “Selama pandemi Korona, pelatihan akan dilakukan secara online,” sambungnya.

Selama pandemi Korona, Faizin menambahkan, peserta akan mendapat manfaat sebesar Rp 3.550.000/orang. Rinciannya, bantuan pelatihan sebesar Rp1 juta, insentif penuntasan pelatihan sebesar Rp600 ribu/bulan (selama empat bulan), dan insentif survei kebekerjaan sebesar Rp150 ribu.

“Warga Jabar, khususnya pemuda harus memanfaatkan program ini dengan
baik,” pungkasnya. (rd/cky)

 

Jurnalis : Ricky Juliansyah

Editor : Pebri Mulya