Mengenal Sulis Listanto Koordinator Komunitas Mural Depok : Digagas Tepat di Sumpah Pemuda, Hadirkan Kreativitas (1)

In Metropolis
koordinator mural depok
TUNJUKKAN KARYA : Koordinator Komunitas Mural Indonesia Sulis Linstanto berdiri di depan hasil karya muralnya. FOTO : ARNET/RADAR DEPOK

 

Talenta dan jiwa sosial yang tinggi dileburkan melalui seni mural. Sulis Listanto seorang muralis yang menjadi penggagas Komunitas Mural Depok tepat dengan Hari Sumpah Pemuda. Bermaksud menyatukan pemuda yang cinta seni mural, baik dengan cat maupun cat semprot alias pilox dapat bersatu berkontribusi dalam memberi pesan penting bagi seluruh penghuni di Kota Depok.

Laporan : Arnet Kelmanutu

RADARDEPOK.COM – Perawakan dengan rambut panjang, badan kurus, kadang dengan topi andalannya Sulis Listanto memiliki ciri khas dengan penampilannya. Mungkin para pegiat seni sampai pemerintah Kota Depok sudah pernah mendengar nama tersebut.

Muralis apik asal Kota Depok, berdomisili di Jalan Krakatau RT 2/9 Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya. Saat menyambangi ke kediamannya berstelan santai ia menyambut dengan suguhan Assalamualaikum, tanpa ada kopi hangat dan camilan, karena ini menjadi hari pertama bulan puasa, Jumat (24/04).

“Masuk bang, silakan. Sorry berisik, biasa anak-anak lagi main, kan nggak bisa keluar rumah, lagi lockdown,” ucapnya dengan nada candaan.

Tak butuh waktu lama, pria yang pernah diundang salah satu stasiun televisi ini menceritakan kecintaannya pada mural semenjak ia duduk di bangku sekolah dasar karena menggambar menunjukan pesan yang membuat orang tertarik untuk melihatnya serta penuh dengan warna.

“Saya bersyukur, Alhamdulilah diberikan keterampilan ini saya Allah SWT,” ungkapnya di selasar teras rumahnya.

Hasil karyanya kini sudah puluhan menghiasi di sudut serta jalan utama di Kota Depok, mulai dari Sukmajaya, Sawangan, Cilodong, Pancoran Mas, hingga Jalan Juanda pernah dibubuhkan hasil karyanya, tentu pria gondrong ini tak sendiri, melainkan bersama rekan muralis lainnya yang berada di Kota Depok.

Selama ini Komunitas Mural Depok lebih ke arah  memperindah tembok lingkungan dari kesan kumuh dan kotor agar bisa menginspirasi warga untuk berlomba menggambar dinding agar terlihat indah dan penuh warna.

“Mari percantik setiap suduk kota, dengan pesan moral, dengan gambar tiga dimesin, sampai dengan grafity, biar warna warni asri Kota Depok dirasakan semua,” pungkas Sulis sambil menunjukan foto di sebuah laptop yang diabadikan bersama dengan temannya. (*)

 

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

Longsor di cilodong

Hujan Deras, Turap di Taman Depok Permai Sukamaju Longsor

EVAKUASI : Petugas Damkar Kota Depok dari Mako Kembang bersama Satgas Banjir Dinas PUPR saat

Read More...
antre beli sayur di depok

Gegara Korona, Belanja Sayur Pakai Jarak

BELANJA : Warga saat membeli sayur dengan teratur jaga jarak duduk di kursi yang telah

Read More...
lupakan politik utamakan kemanusaiaan

Lupakan Dulu Politik, Sekarang Kemanusiaan

BANTUAN : Anggota DPRD Jawa Barat dari Fraksi Gerindra, Rizki Apriwijaya (kiri) turut serta membantu penyaluran

Read More...

Mobile Sliding Menu