Beranda Satelit Depok Mural Kemanusiaan di Jalan Krakatau Abadijaya

Mural Kemanusiaan di Jalan Krakatau Abadijaya

0
Mural Kemanusiaan di Jalan Krakatau Abadijaya
KREATIF :Salah satu warga saat melintasi mural di pagar tembok SMAN 2 Depok tepatnya di RT 02/09 Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya. Rabu (22/04). FOTO : ARNET/RADAR DEPOK
mural kemanusiaan di jalan krakatau
KREATIF : Salah satu warga saat melintasi mural di pagar tembok SMAN 2 Depok tepatnya di RT 02/09 Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya. Rabu (22/04). FOTO : ARNET/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, SUKMAJAYA – Pesan sosial terkait pandemi Covid-19 tidak hanya melalui imbauan tertulis maupun lisan, melalui karya seni dan aksi kreatif pun dapat dilakukan, salah satunya di Jalan Krakatau RT02/ 09 Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya, yang dibuat mural kemanusiaan terkait Virus Korona.

Koordinator Mural Kota Depok, Sulis Listanto yang membubuhkan karyanya di tembok tersebut mengatakan, semua dari muralnya menyampaikan pesan moral bahwa kemanusiaan di atas segalanya.

“Tiap mural konsepnya berbeda. Tapi semuanya memberi spirit bagi masyarakat untuk tidak panik dengan menjaga kebersihan, baik lingkungan, dirinya sendiri, serta keluarga mereka,” jelasnya saat dikonfirmasi Radar Depok, Rabu (22/4).

Sulis yang juga sebagai Sekertaris RT02/09 Kelurahan Abadijaya ini menambahkan, inisiatif untuk menggambar di tembok tersebut sudah sejak lama karena melihat tembok sudah kotor dari coretan tidak jelas, tanpa ada pesan moral di dalamnya. Hal tersebut yang membuat dirinya menumpahkan karya muralnya pada tembok itu.

“Sudah sejak 2008, Alhamdulilah sekarang tergambar. Dari pada kotor kan,” ungkapnya.

Dalam menyelesaikan semua muralnya, pria berambut gondrong ini menghabiskan kurang lebih tiga hari tanpa kerja sama dengan pihak manapun. Dirinya menuturkan semua dilakukan atas nama kepedulian terhadap situasi sekarang.

“Semua dari mural tersebut, pesan moralnya  mari bersama  melawan wabah covid-19 dengan melindungi diri dan keluarga dirumah,” tutur Sulis.

Ia yang sudah malang melintang di dunia mural selalu lebih mengedepankan nilai kemanusiaan, diantaranya yang salah satu muralnya masih terdapat satu konsep yang menggambar para pelajar untuk terus mengejar prestasi serta berlomba dalam berkarya yang membawa dampak positif bagi orang banyak. (rd/arn)

 

Jurnalis : Arnet Kelmanutu  (IG : @kelmanutuarnet)

Editor : Pebri Mulya