Beranda Metropolis Pilih Proteksi Diri Jadi Peserta JKN-KIS

Pilih Proteksi Diri Jadi Peserta JKN-KIS

0
Pilih Proteksi Diri Jadi Peserta JKN-KIS
Hernando.
proteksi diri BPJS kesehatan
Hernando.

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Selama enam tahun terakhir sejak pertama kali diluncurkan pada 1 Januari 2014 lalu. Manfaat Program JKN-KIS telah tampak nyata dirasakan masyarakat. Kondisi itupun membuat banyak masyarakat berlomba-lomba memproteksi diri, dengan mendaftarkan menjadi peserta JKN-KIS. Seperti yang dilakukan Hernando Alkausar.

Kepada Radar Depok, peserta JKN-KIS asal Kota Depok ini mengungkapkan, kemajuan teknologi di bidang kesehatan dibarengi dengan semakin mahalnya biaya pelayanan kesehatan. Untuk itu, merupakan suatu hal yang sangat penting untuk memiliki jaminan perlindungan diri. Karena sakit bisa datang kapan saja tanpa diduga-duga.

“Saya dan keluarga memilih melindungi diri dengan Program JKN-KIS. Hal itu kami lakukan karena kami sangat sadar manfaat Program JKN-KIS sangat besar. Meski dikelola dengan skema asuransi, namun iurannya masih sangat terjangkau dibandingkan dengan asuransi kesehatan lainnya. Manfaatnya pun masih jauh lebih besar,” ujar Hernando, belum lama ini.

Lebih lanjut, Hernando mengungkapkan bahwa tekadnya untuk memproteksi diri dengan Program JKN-KIS juga dipengaruhi oleh pengalaman-pengalaman tetangga dan kerabatnya yang dalam berobat menggunakan kartu JKN-KIS. Menurutnya, mereka merasa senang dan tenang karena tidak perlu khawatir msalah biaya. Jadi pikiran mereka tidak terganggu dan bisa berdampak pada cepatnya kondisi mereka untuk pulih kembali.

“Saya sering menyaksikan tetangga dan kerabat saya berobat pakai kartu JKN-KIS. Mereka juga dilayani dengan baik, sama seperti pasien lainnya yang bayar pribadi atau pasien asuransi mahal. Jadi saya berpikir bahwa lebih tepat untuk memproteksi diri dengan Program JKN-KIS karena walaupun iurannya lebih murah, tapi pelayanannya tetap sama bagusnya,” ujar Hernando.

Hernando juga mengungkapkan, sebenarnya ia termasuk orang yang jarang menggunakan kartu JKN-KIS miliknya karena masih sehat. Meski demikian, ia tetap rutin membayar iuran JKN-KIS miliknya. Hal itu ia lakukan untuk memastikan kartu miliknya tetap aktif. Sehingga suatu saat ketika ia harus berobat, maka ia bisa langsung menggunakannya.

“Saya dan keluarga bahkan sudah bayar iuran JKN-KIS untuk beberapa bulan kedepan. Saya juga berencana untuk mendaftar autodebet untuk pembayaran iuran. Jadi saya tidak perlu khawatir lupa bayar iuran,” tutup Hernando.

Sementara, untuk keterangan lebih lanjut bisa menghubungi care center 1500400 selama 24 jam atau bisa diakses www.bpjs-kesehatan.go.id. Bisa juga membuka atau bertanya di media sosial Facebook BPJS Kesehatan, Twitter @BPJSKesehatanRI, Instagram bpjskesehatan_ri, You Tube BPJS Kesehatan dan Kaskus bpjskesehatan. (DT/mr)

 

Editor : Pebri Mulya