cipayung tak tersentuh bansos
Ketua RT2/6, Kelurahan/Kecamatan Cipayung, Suryana.
cipayung tak tersentuh bansos
Ketua RT2/6, Kelurahan/Kecamatan Cipayung, Suryana.

 

RADARDEPOK.COM, CIPAYUNG – Meski memiliki 40 Kepala Keluarga, di Kampung Benda Barat, RT2/6 Kelurahan Cipayung, Kecamatan Cipayung sama sekali tidak menerima bantuan sosial dari Dinas Sosial Kota Depok senilai Rp250 ribu untuk meringankan beban hidup di tengah pandemi Covid-19.

“Semua warga saya nggak terima bantuan. saya sudah masukan data sesuai yang perintahkan pemerintah,” tegas Ketua RT2/6 Suryana saat dikonfirmasi Radar Depok, Minggu (18/04).

Ia juga tak mengerti mekanisme untuk agar mendapatkan bantuan dari pemerintah, sebab dirinya yang menjadi buah bibir pembicaraan warga karena tak satu pun menerima bantuan.

“Jadi saya yang kena sama warga. padahal saya sudah lakukan semuanya biar dapat bantuan. Ada lah yang bilang saya tidak masukan data sama sekali, warga kan tidak melihat perjuangan kita,” terangnya.

Ia pun berharap ada kejelasan dari Dinas Sosial terkait penggelontoran bantuan agar tepat sasaran atau sosialisasi yang jelas, agar warga mengerti dan paham betul, bagaimana dan siapa saja yang dapat.

“Saya harapkan nanti tahap kedua bansos bisa tepat sasaran. Jangan sampai zonk lagi. Mungkin baiknya lakukan evaluasi lagi karena semua kena dampak Korona. Dan jangan selalu salahkan RT,” ucapnya.

Sementara, Plt. Camat Cipayung, Muchsin Mawardi saat dikonfirmasi terkait hal ini menegaskan bahwa bukan tidak mendapat bantuan namun ada proses yang sudah disosialisasikan secara jelas.

“Ini kan baru tahap awal. Bagi yang dhuafa  dan masyarakat miskin kan masuknya program keluarga harapan atau PKH. Nanti tahap berikutnya akan ada lagi, dari provinsi maupun APBN pusat,” tegas Muchsin.

Muchsin pun kembali menerangkan, setiap usulan dari warga ada yang dibantu dari anggara kota lewat APBD kota dan provinsi, tetapi harus memenuhi kriteria tersebut.

“Mungkin untuk lebih jelasnya ada di Dinsos. Kami selaku Kecamatan dan Kelurahan sifatnya hanya sosialisasi. Bantuan yang diberikan melalui kelurahan, langsung diserahkan ke RW yang setelah itu mereka musyawarah,” Katanya.

Perlu diketahui, Kecamatan Cipayung menjadi  salah satu penerima bantuan terbanyak bersama beberapa kelurahan lainnya. Total yang di terima Kecamatan Cipayung sebanyak 3.287 KK.

“Makanya saya sangat apresiasi  kepada pemerintah soal bantuan ini,” tandas Muchsin. (rd/arn)

 

Jurnalis : Arnet Kelmanutu  (IG : @kelmanutuarnet)

Editor : Pebri Mulya