PPP depok peduli
BANTUAN : Ketua DPC PPP Kota Depok, Qonita Lutfiyah dan Sekretaris DPC PPP Kota Depok, Mamun Abdullah, kader PPP Kota Depok saat menyerahkan bantuan ke UPT Puskesmas Cilodong di Kecamatan Cilodong, Jumat (3/4). FOTO : RICKY/RADAR DEPOK
PPP depok peduli
BANTUAN : Ketua DPC PPP Kota Depok, Qonita Lutfiyah dan Sekretaris DPC PPP Kota Depok, Mamun Abdullah, kader PPP Kota Depok saat menyerahkan bantuan ke UPT Puskesmas Cilodong di Kecamatan Cilodong, Jumat (3/4). FOTO : RICKY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Menyambut bulan Ramadan 1441 Hijriah di masa pandemi Covid19. Ketua DPC PPP Kota Depok, Qonita Lutfiyah menyerukan untuk menghargai perbedaan dan menghindari perdebatan dalam tata cara pelaksanaan ibadah.

Sebagaimana diketahui, Walikota Depok telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor :451/194-Huk/GT tentang Penyelenggaraan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 144 H dalam situasi Pandemi Covid-19 yang memuat 13 poin.

“Tentu di masyarakat, ada pro dan kontra terkait SE tersebut, tapi pemerintah juga menginginkan agar keselamatan dan kesehatan warga terjamin,” kata Qonita kepada Radar Depok, Kamis (23/04).

Untuk itu, putri KH. Syukron Mamun ini menyerukan seluruh lapisan masyarakat untuk menghargai perbedaan dan dalam situasi seperti sekarang ini, jangan terlalu banyak diperdebatkan.

“Bagi yang mau melakukan salat tarawih, sepanjang bisa menjamin tidak ada penularan Virus Covid-19 ya silahkan saja, bagi yang melakukan tarawih di rumah  silahkan saja, karena yang terpenting itu bukan perdebatannya. Namun, kita harus melaksanakan salat tawarih tersebut,” papar Qonita.

Selain itu, ia pun memohon agar umat agama lain dapat menghargai umat muslim yang sedang menunaikan ibadah puasa dan demikian juga sebaliknya, bagi umat muslim pun harus menghargai umat lainnya.

“Jika kita sedang berpuasa kita harus menghargai pula umat lain yang tidak melaksanakan Ibadah puasa. Di sini lah esensi dari toleransi dan menghargai,” tegas Qonita.

Ia pun mengajak seluruh umat muslim di Kota Depok untuk mempersiapkan diri menyambut Ramadan, dengan perbanyak ibadah dan juga menjaga imunitas tubuh agar selalu fit di saat menunaikan ibadah puasa.

“Momen bulan suci ini kita harus maksimalkan ibadah, berdoa memohon kepada Allah SWT memohon ampunan dan meningkatkan ketakwaan, serta meminta agar Virus Korona ini cepat hilang dan kondisi bisa normal kembali. Karena Allah maha pencipta apapun yang ada di dunia ini. Ikhtiar dzohir harus, tapi ikhtiar batin juga wajib,” pungkas Qonita. (rd/cky)

 

Jurnalis : Ricky Juliansyah

Editor : Pebri Mulya