Beranda Politika Sri Utami Ingatkan Pentingnya Peran Kampung Covid-19

Sri Utami Ingatkan Pentingnya Peran Kampung Covid-19

0
Sri Utami Ingatkan Pentingnya Peran Kampung Covid-19
Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Depok, Sri Utami.
Sri utami
Anggota DPRD Kota Depok, Sri Utami.

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Angka penyebaran Covid-19 di Depok terus meningkat. Sehingga Depok masuk ke dalam zona merah penyebaran Covid-19. Sementara itu di antara kecamatan, Cimanggis adalah kecamatan termerah.

Menanggapi hal ini Anggota DPRD Kota Depok Dapil Cimanggis, Sri Utami angkat bicara. Ia menuturkan bahwa ia mempercayai data dari Gugus Tugas Covid-19 Kota Depok, karena pastinya sudah punya mekanisme baku. Yang lebih penting lanjut Sri adalah bagaimana kita menyikapi data tersebut.

“Gugus harus semakin merapatkan barisan menghadapi perkembangan tersebut. Ini pertanda peran pencegahan masih belum efektif menghambat penyebaran Covid ,” ungkap Sri Utami kepada Radar Depok, Kamis (30/04).

Ia menilai, dari penyebaran ini bisa dari kasus import atau sudah terjadi transmisi lokal. Mengatasi ini Sri kembali mengingatkan peran penting kampung Covid -19 sebagai garda terdepan mengatasi penyebaran. Kampung covid harus mendapat perhatian untuk punya cara pandang, gerakan, disiplin dan tujuan yang sama.

“Untuk itu harus ada arahan, motivasi yang terus menerus dari Gugus Tugas, sehingga semangat kegiatan kampung Covid-19 selaras dengan SE Walikota nomor 443/166-huk/DPKP tentang pembentukan Kampung Covid-19,” tegas Sri.

Selain itu perlunya ada mekanisme monitoring dan evaluasi. Misalnya untuk menahan keramaian di jalan raya, maka kampung Covid-19 bisa diarahkan untuk kembali menegaskan pentingnya gerakan di rumah saja, gerakan pentingnya bermasker, physical distancing, serta membatasi akses keluar/masuk RW. 

“Hal ini bisa bekerja sama dg masjid atau mushala untuk mengumumkannya secara berulang-ulang agar masyarakat benar-benar memahami situasi wabah. Kita khawatir seiring dengan lamanya waktu PSBB warga menganggap biasa dan suasana wabah dianggap tidak lagi membahayakan,” ucap Sri Utami.

Selain itu terkait PSBB Sri mengingatkan perlunya penegakan aturan hal ini karena jalan-jalan sekunder tetap ramai kendaraan lalu lalang, dan di antara pengendara masih terlihat tidak menggunakan masker, sementara tidak terlihat aparat yang menertibkannya. Ini tentu sangat berbahaya. Sri berharap jajaran gugus Covid-19 dari pemda hingga ke level terbawah memiliki kesamaan gerak untuk mengatasi wabah Covid-19 ini.

“Karena kesamaan langkah dan kerjasama semua lapisan serta partisipasi masyarakat luas akan mempercepat penyelesaian wabah ini. Kita berharap secepatnya kehidupan normal kembali seperti di negara-negara lain. Mereka berdisiplin menaati aturan, sehingga sekarang sudah mulai kembali bangkit,”  pungkasnya. (rd/gun)

 

Jurnalis : M. Agung HR

Editor : Pebri Mulya