5 Aneka Hidangan Berbuka Puasa di Berbagai Negara

In Ekbis dan Hiburan

RADARDEPOK.COM – Berpuasa di bulan Ramadan, bukan hanya tentang menjalani kewajiban. Tetapi, ada hal menarik di dalamnya, yakni menu makanan berbuka puasa yang menggugah selera.

Bukan hanya enak, tetapi juga kerap memiliku nama-nama unik dari beberapa daerah. Bahkan bisa menjadi ciri khas dari daerah tersebut dalam hal menu berbuka puasa di kala bulan Ramadan

Berikut beberapa hidangan yang menjadi menu buka puasa di berbagai negara.

 

Indonesia

Kolak

Kolak adalah menu khas buka puasa di Indonesia. Selain disajikan hangat, kolak juga nikmat dimakan dalam keadaan dingin. Adapun makanan ini terbuat dari pisang, ubi, singkok, nangka, gula aren, santan dan pandan.

 

Afghanistan

Afghanistan sering menyajikan Naan, yakni roti bakar yang dipanggang dalam oven. Seiring dengan banyak hidangan lainnya, makanan tradisional ini tetap akrab di lidah banyak orang. Naan juga banyak dimakan di berbagai daerah di Asia Tengah dan Selatan.

 

Bangladesh

Dua hidangan terkenal yang biasa disajikan saat buka puasa di Bangladesh adalah piyaji dan Beguni. Piyaji adalah lentil dan bawang goreng yang dibumbui. Sedangkan Beguni merupakan hidangan pembuka berbahan dasar terong yang dicelupkan ke dalam adonan tepung dan digoreng garing.

 

Brunei Darussalam

Sungkai brunei

Biasanya Brunei Darussalam mengonsumsi sungkai saat buka puasa di restoran. Sungkai merupakan paket prasmanan dengan aneka makanan yang bisa diambil sepuasnya. Makanan ini terdiri dari nasi hingga makanan manis.

 

India

Haleem india

India umumnya menyantap haleem saat buka puasa. Haleem merupakan bubur yang dimasak secara perlahan dan terbuat dari lentil, daging, serta gandum yang menambah kenikmatan makanan ini. Makanan ini merupakan makanan khas dan dipopulerkan di kota Hyderabad. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

ilustrasi virus korona baru

Kota Bekasi dan Depok Terbanyak Positif Korona di Jawa Barat

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM - Melansir dari Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Jawa Barat (Pikobar), Kota Bekasi dan

Read More...
Masjid korea utara

Secuplik Kisah Masjid Satu-satunya di Korea Utara

Satu-satunya masjid di Korea Utara ialah Masjid Ar-Rahman.   RADARDEPOK.COM - Di Korea Utara tercatat ada sekitar

Read More...
ilustrasi vaksin korona

Ini 4 Kelurahan di Depok yang Tidak Ada Positif Korona

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM, DEPOK – Empat kelurahan di Kota Depok berdasarkan data yang dirilis Pusat Informasi Covid-19

Read More...

Mobile Sliding Menu