5 Gurun Unik di Dunia, Mulai dari Cuaca Sampai Flora dan Fauna

In Utama

RADARDEPOK.COM – Gurun merupakan daratan atau padang pasir yang memiliki sedikit sekali curah hujan, lantaran cuacanya yang terik dan daratannya yang seakan kering.

Ada banyak hal unik yang dapat kamu temukan di gurun, mulai dari temperatur suhunya, flora, bahkan hingga fauna di dalamnya.

Di antaranya banyaknya gurun yang ada di dunia, berikut lima gurun yang paling unik dan dapat kamu kunjungi.

 

1. Gurun Chihuahua

gurun chihuahua

Salah satu gurun paling unik yang terletak di Naica Mine, Meksiko ini memiliki fenomena yang tak biasa di dalamnya. Gurun dengan luas sekitar 282.000 kilometer persegi ini memiliki tanaman-tanaman dan hewan khas gurun yang memukau.

Tak hanya itu, terdapat banyak sekali kristal dengan tinggi mencapai 12 meter pada bagian bawah gurun. Lokasi ini juga dikenal sebagai Giant Crystal Cave.

 

2. Gurun Atacama, Chili

gurun atacama

Gurun unik lainnya juga berasal dari daratan Amerika, tepatnya berlokasi di Chili. Gurun ini mendapat julukan sebagai tempat paling kering di dunia karena hanya dicurahi hujan kurang dari 1 milimeter.

Tentunya kamu dapat merasakan sensasi tak biasa bila berkunjung ke gurun dengan luas 105.000 kilometer persegi ini.

 

3. Gunung Tabernas, Spanyol

gunung tabernas

Kata siapa gurun hanya terdapat di daratan Timur Tengah dan Afrika saja? Faktanya, kamu dapat menemukan gurun ini di Eropa, yaitu tepatnya terletak di Spanyol. Wilayah ini disebut sebagai semi-gurun sebab saat malam suhunya bisa turun hingga -5 derajat celcius.

Meski gersang, namun lokasi ini dapat memukau pengunjung dengan beberapa titik lokasi bergaya kebarat-baratan.

 

4. Gurun Thar, India dan Pakistan

gurun thar

Gurun yang satu ini membentang hingga ke dua negara, namun 85 persen di antaranya termasuk dalam teritori India, sedangkan 25 persennya sudah masuk ke dalam wilayah Pakistan. Termasuk dalam gurun terbesar ke-17 di dunia, ternyata gurun ini dihuni lebih dari 16 juta penduduk. Mayoritas penduduknya beragama Hindu, Islam, dan Sikh. Inilah yang membuat Gurun Thar disebut sebagai gurun terpadat.

 

5. Gurun Gobi, Mongolia dan Tiongkok 

gurun gobi

Gurun Gobi merupakan padang pasir yang terletak di perbatasan Mongolia dan Tiongkok. Menjadi salah satu gurun terbesar di dunia dengan luas wilayah mencapai 1.295.000 km, Gurun Gobi pun membuat tak banyak makhluk hidup dapat bertahan dalam iklim kering dan panasnya. Perannya yang merupakan bagian dari jalur sutra, serta sejarahnya pada Kekaisaran Mongol membuat gurun ini unik.

Beberapa gurun di atas tentunya memiliki keunikannya tersendiri yang membuatnya tampak menarik untuk dikunjungi. (rd)

 

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

vaksin korona baru

Tahap Pertama Ada 40,2 Juta Orang Penerima Vaksin Covid-19 Gratis

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM - Bulan Januari 2021 diagendakan Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan menargetkan untuk menjalankan program vaksinasi. Ini

Read More...
waspada virus korona

Kecamatan Cimanggis jadi Wilayah Terbanyak Covid-19 di Kota Depok

  RADARDEPOK.COM, DEPOK - Sampai Sabtu (2/1), jumlah pasien/kasus virus Korona (Covid-19) di Kota Depok mencapai 3.521 orang Dengan catatan tersebut,

Read More...
Disinfektan PPM Cipayung

Rayakan Ulang Tahun ke-40, PPM Cipayung Semprot Disinfektan

PERINGATI : Pemuda Panca Marga (PPM) Ranting Cipayung semprot disinfektan di tiga titik dalam rangka

Read More...

Mobile Sliding Menu