polri bantu UI
BERBAGI : Polri bersama UI dan Pokja Wartawan Depok memberikan bingkisan kepada mashasiswa Universitas Indonesia di salah satu fakultas UI, Kamis (14/05). FOTO : DICKY/RADAR DEPOK
polri bantu UI
BERBAGI : Polri bersama UI dan Pokja Wartawan Depok memberikan bingkisan kepada mashasiswa Universitas Indonesia di salah satu fakultas UI, Kamis (14/05). FOTO : DICKY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Polisi Republik Indonesia (Polri) mengajak Universitas Indonesia (UI) bersama Pokja Wartawan Depok, melakukan kebaikan. Bertempat di salah satu gedung UI sebanyak 600 bingkisan dibagikan kepada mahasiswa UI yang masih tinggal di asrama dan kost sekitaran kampus khas beralmamater kuning ini, Kamis (14/05).

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Rosari Saleh mengatakan, mengingat Kota Depok menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan kondisi pandemi Covid-19. Membuat beberapa mahasiswa UI bertahan di kost maupun asrama UI. Adanya hal tersebut, Direktorat Keamanan Khusus Badan Intelijen Keamanan Polri, bersama UI dan Pokja Wartawan Depok, memberikan bingkisan kepada mahasiswa yang masih bertahan.

“Kami menyerahkan menyerahkan 600 bingkisan lebaran kepada mahasiswa yang masih bertahan,” ujar Rosari Saleh kepada Radar Depok, Kamis (14/05).

Rosaria menjelaskan, bingkisan yang diberikan tidak hanya untuk mahasiswa UI, namun kepada panti asuhan, Panti Bina Remaja Mandiri, dan Sekolah Terminal. Kegiatan pembagian melibatkan tiga Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UI, yaitu Mahasiswa Pencinta Alam (MAPALA), Resimen Mahasiswa (Menwa)  dan Pramuka.

Selain itu, lanjut Rosaria, mahasiswa UI bekerjasama dengan alumni UI di berbagai fakultas, melakukan penggalangan dana. Menyalurkan alat keperluan medis, serta kebutuhan keseharian kepada sesama mahasiswa. Tak terlepas, para pedagang yang tidak dapat berjualan selama masa Covid-19, petugas kesehatan serta masyarakat luas.

“Jumlah dana yang telah dikumpulkan mencapai lebih dari Rp220 juta dan masih terus bertambah,” terang Rosari yang akrab dipanggil Oca.

Oca menuturkan, masyarakat yang telah menerima bantuan dari pengagalangan mahasiswa, diantaranya Rumah Sakit Rujukan Raden Mattaher Jambi guna keperluan pembelian Alat Pelindung Diri (APD) yang diberikan Himpunan Mahasiswa Jambi UI, Puskesmas di Jabodetabek berupa bantuan alat pelindung diri seperti masker, sarung tangan, dan handsanitizer oleh UKM Salam, serta Masyarakat umum di stasiun di beberapa moda transportasi dan pasar tradisional. Untuk stasiun MRT bantuan diberikan Keluarga Mahasiswa Buddhis.

Tidak hanya itu, penggalangan dana mahasiswa, dilakukan dalam rangka penguatan riset-riset solusi bagi Covid-19 yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa UI. Salah satunya yang terkini ialah penggalangan dana Mahasiswa Kajian Ekonomi Pembangunan Indonesia (KANOPI) FEB UI yang bekerjasama dengan Lab Mikrobiologi FK UI.

“Dana yang diberikan untuk pengembangan alat pemeriksaan PCR Covid – 19,” tutupnya. (rd/dic)

 

Jurnalis : Dicky Agung Prihanto : (IG : @iky_slank)

Editor : Pebri Mulya