600 Ribu KK Bodetabek Disebar Bansos

In Utama
bansos pusat ke depok
SALURKAN : Mensos Juliari Batubara memberikan bansos sembako secara simbolis ke KPM di Kantor Pos Jati Rawamangun, Jakarta, Jumat (24/4). FOTO : ISTIMEWA

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Mulai hari ini (kemarin), bantuan sosial (Bansos) dari pemerintah pusat mulai digulirkan. Jatah yang disiapkan,  Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Bodetabek) sebanyak 600 ribu kepala keluarga (KK).

Menteri Sosial Juliari Batubara mengatakan, program jaring pengaman sosial (JPS) yang berbentuk bantuan sosial (bansos) nonreguler, atau khusus untuk warga yang terdampak pandemi virus corona atau Covid-19 akan dibagi dalam enam tahap penyaluran. Bansos khusus Jabodetabek tidak akan sepenuhnya berbentuk sembako. Presiden Jokowi meminta ada pembagian sembako yang hanya berisi beras saja dari total pembagian bantuan sembako Rp600 ribu per bulan selama 3 bulan berjalan.

“Presiden memerintahkan agar untuk bansos sembako Jabodetabek ini dari 6 kali tahapan penyaluran itu dibagi 4 penyaluran dalam bentuk paket sembako dan 2 kali penyaluran dalam bentuk beras,” kata Juliari dalam konferensi pers secara virtual dari Istana Negara, Jakarta, Jumat (8/5/2020).

Juliari mengatakan, penyaluran 2 kali dalam bentuk beras akan didelegasikan kepada Bulog. Bulog akan mendistribusikan beras pada 2 kali pembagian tersebut. Ia pun mengaku, Kementerian Sosial sudah berkoordinasi untuk pembagian bansos tersebut.

“Kementerian Sosial dengan Bulog sudah menyepakati bagaimana pembagian-pembagian tahapannya sehingga nanti bisa total menjadi 6 tahapan penyaluran,” kata Juliari.

Dalam bansos untuk Jabodetabek, pemerintah tidak membagikan ke semua wilayah. Setidaknya ada 1,9 juta kepala keluarga akan menerima bantuan sosial khusus Covid-19 dalam bentuk bansos sembako Jabodetabek. Khusus Jakarta, pemerintah membagikan untuk 1,3 juta kepala keluarga, sementara 600 ribu KK untuk di wilayah Bodetabek yang terdiri atas Kota Bekasi, Kota Depok, Kota Tangerang Selatan, Kota Tangerang dan sebagian Kabupaten Bogor.

Juliari melaporkan, bantuan tahap pertama di DKI Jakarta sudah selesai dilakukan pemerintah. Kini, pemerintah tengah menjalankan pembagian di wilayah Bodetabek. Sedangkan untuk warga Bodetabek, pemberian bansos sembako akan dimulai hari ini, Jumat (8/5/2020).

“Tahap pertama kita sudah selesaikan beberapa hari yang lalu yaitu untuk Jakarta sudah selesai semua dan hari ini kita mulai untuk bodetabek untuk 600 ribu kk dengan mekanisme yang sama pula yaitu dua kali penyaluran per bulan dan indeks 600 ribu,” tandas Juliari. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

XL axiata pimpin industri

XL Axiata Pimpin Industri Transformasi Digital

PELOPOR : XL Axiata menjadi perusahaan telekomunikasi pertama di Asia Tenggara yang menggunakan SAP S/4

Read More...
webinar axis

Bikin Virtual Meet Up Jadi Makin Seru #KenapaNggak

  RADARDEPOK.COM - Selama masa pandemi dan dirumah aja, tentunya ada beberapa kebiasaan kita yang ikut berubah. Misalnya, dulu kalau

Read More...
SMK putra bangsa alfamidi

Guru SMK Putra Bangsa Ikut Alfamidi Class

PROGRAM : Lima guru SMK Putra Bangsa mengadakan Program Alfamidi Class dengan menjalani Trainning for

Read More...

Mobile Sliding Menu