Ada Dispensasi Perpanjangan SIM, Berikut Penjelasannya

In Utama, Wilayah Depok
perpanjangan pembuatan sim
ILUSTRASI

 

RADARDEPOK.COM, JAKARTA — Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya memberikan dispensasi untuk pemilik SIM yang masa berlakunya habis hingga 29 Mei 2020.

Mereka diizinkan mengurus perpanjangan selama bulan Juni 2020 tanpa perlu membuat SIM baru.

Dispensasi tersebut diberikan lantaran pandemi virus Korona yang berkepanjangan. Namun, dispensasi tersebut hanya berlaku bagi SIM di kawasan Jabodetabek.

“Kita kasih waktu satu bulan, selama bulan Juni 2020 (untuk proses memperpanjang masa berlaku SIM),” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, Rabu (6/5).

“(Dispensasi itu) untuk SIM Jabodetabek. Kalau untuk SIM se-Indonesia, nanti menunggu petunjuk Korlantas Polri,” ujarnya.

Sementara itu, dikonfirmasi terpisah, Kepala Seksi SIM Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Lalu Hedwin mengatakan, dispensasi perpanjangan SIM itu juga diberikan kepada pemilik SIM yang masuk dalam kategori orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19. Mereka, kata Hedwin, dapat mengurus perpanjangan SIM setelah dinyatakan sehat oleh pihak rumah sakit.

“Bagi suspect, ODP, dan PDP Covid-19 yang masa berlaku SIM-nya habis pada saat masa karantina, maka dapat melakukan proses perpanjangan SIM (bukan proses SIM baru) setelah dinyatakan sehat dengan membawa surat keterangan dari rumah sakit,” ujar Hedwin.

Diketahui, selama pandemi virus corona, Ditlantas Polda Metro Jaya menutup sementara layanan pembuatan dan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) hingga 29 Mei 2020. Penutupan layanan itu berlaku di gerai, unit Satpas, dan pelayanan menggunakan mobil keliling.

Penutupan itu dilakukan untuk membatasi kegiatan berkerumun di luar rumah. Sehingga dapat mencegah penyebaran virus corona. Meski demikian, layanan pengurusan SIM di Satpas Polda Metro Jaya di Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat, tetap beroperasi. Namun, Satpas itu untuk sementara hanya melayani pembuatan SIM baru, hilang atau rusak. Sedangkan layanan perpanjangan SIM pun ditutup.

Adapun jam operasional layanan pengurusan SIM itu dilakukan secara terbatas. Layanan operasional pada Senin-Jumat mulai pukul 08.00 hingga 13.00 WIB, sedangkan Sabtu mulai pukul 08.00-12.00 WIB. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

banyak baliho calon walikota

Baliho Bacalon Walikota dan Wakil Walikota Depok Mulai Hiasi Margonda

TERPAMPANG : Baliho Bacalon Walikota dan Wakil Walikota mulai menghiasi Jalan Raya Margonda, Kecamatan Beji,

Read More...
protokol kesehatan SDN Cipayung 4

Meski PJJ, SDN Cipayung 4 Tetap Terapkan Protokol Kesehatan

BERSIH : Kepala SDN Cipayung 4, Juanda sedang mencuci tangan di lingungan sekolahnya, Kamis (27/08).

Read More...
kelurahan duren mekar swab test

ASN Kelurahan Duren Mekar di-Swab Test

DITES : Petugas Kesehatan Puskesmas Duren Seribu melaksanakan swab test terhadap ASN dan Non ASN

Read More...

Mobile Sliding Menu