Aksi Wakil Walikota Depok Atasi Masalah Pangan : Manfaatkan Pekarangan, Tanam Sayuran, Bagikan Bibit

In Satelit Depok
untuk pangan dari pradi
CARA EFEKTIF : Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna kala memanen sayuran. Ia meminta warga bisa memanfaatkan pekaran untuk mengatasi masalah pangan di masa pandemi Virus Korona. FOTO : JUNIOR/RADAR DEPOK

 

Pandemi Virus Korona (Covid-19) menimbulkan efek domino. Bak bola salju, efeknya bisa saja meluas bila tidak segera diatasi. Tidak hanya mengancam kesehatan, virus yang tengah menjangkiti dunia ini, juga mengancam taraf hidup masyarakat. Masalah perut. Masalah pangan. Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna, sedikit punya cara. Intinya kembali ke alam. Manfaatkan pekarangan.

Laporan : Junior Williandro

RADARDEPOK.COM – Pagi baru saja menyingsing, akhir pekan lalu, saat Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna, tengah bersiap memanaskan mesin motor Vespa kesayangannya. Dia sudah rapi. Memang mau pergi. Bergaya kasual, dengan kaos lengan panjang warna putih – hijau, yang dibalut rompi krem.

“Enak seperti ini. Kalau Minggu pagi, lebih baik naik motor. Apalagi naik Vespa. Bisa sekalian juga menyapa warga di jalan. Meminta mereka untuk tidak berkerumun. Di rumah saja,” ujarnya.

Treng… treng.. treng… Vespa gaek warna biru langit itu menyala. Siap mengantar tuannya pergi.  Dari kediamannya, di Kelurahan Kukusan, Beji, Pradi berjalan tenang. Tidak ngebut, tak pula terlalu lambat. Tidak lupa mengenakan masker. Sebab jika ketahuan petugas check point (bila tak mengenakan masker), dia bisa disuruh pulang lagi.

Pradi menunju arah Kelurahan Bojong Pondok Terong, Cipayung. Tak sampai setengah jam, dia tiba di lokasi. Ia disambut sayuran hijau, di pekarangan yang cukup luas. Bukan kebun. Lebih tepatnya pekarangan. Tempatnya ditengah-tengah pemukiman warga.

Di lokasi inilah, selama beberapa waktu terakhir, dirinya membina sejumlah kepala keluarga (KK) disana untuk menanam apa saja. Jenis sayuran apa saja. Bebas.

“Ada kangkung sawi, terong, hingga bayam,” ucapnya.

Kini segala sayur mayur itu siap panen. Meski dengan lahan seadanya, namun ia yakin, hal itu efektif untuk mengahadapi situasi saat ini, dimana masyarakat sudah terganggu perutnya akibat pandemi. Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), tak bisa dipungkiri juga menjadi penyebabnya.

“Gerakan menanam tanaman pangan ini sudah kami gagas sebulan lalu. Kami juga bagikan bibit kepada masyarakat. Saat ini sebagian lahannya ada yang sudah panen. “Alhamdulillah sekarang sudah panen di beberapa tempat. Salah satunya di Cipayung sekarang,” ujarnya

Dia menyiapkan bibit secara gratis. Rata-rata umur sayuran yang dipanen kurang dari dua bulan. Saat ini, ia membina banyak kepala keluarga, yang tersebar di sejumlah wilayah di Kota Depok.

Pradi mengakui, apa yang dilakukannya tak lepas dari kekhawatirannya akan kecukupan gizi masyarakat. Menurutnya, dengan makin terbatasnya akses publik terhadap pasar, maka menanam sendiri merupakan solusi terbaik.

“Karena memang kita dihadapkan pada situasi dilematis. Minimal dengan mengoptimalkan lahan di pekarangan, atau lahan-lahan kosong lain, warga bisa terbantu,” tambah Pradi.

Dia berharap, gerakan menanam sayuran dapat terus dimasifkan.

“Saya yakin, jika semakin banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya pangan bergizi seperti sayur, makan kebutuhan warga bisa tercukupi,” beber Ketua DPC Partai Gerindra Kota Depok ini.

Sebelumnya Pradi juga telah menyalurkan bantuan semabko dan beras sebanyak sekira 7 ton dari uang pribadinya sendiri. Ia rela tidak menerima gaji sejak beberapa bulan, demi didonasikan untuk penanganan korona. (*)

 

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

ATM si komandan sukmajaya

ATM si Komandan ‘Door to Door’ di Sukmajaya

PEDULI RAKYAT : Babinsa Koramil 03/Sukamajaya saat memberikan beras dari ATM si komandan ke warga

Read More...
qonita bermasker

Fasilitas Kesehatan dan Tenaga Medis Harus Terjamin

Anggota DPRD Kota Depok, Qonita Lutfiyah   RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pemkot Depok bersama Tim Gugus Tugas Percepatan

Read More...
posyandu dapat bantuan sembako

50 Posyandu di Limo Dapat Bantuan Susu

BANTUAN : Koordinator PLKB Kecamatan Limo Yaharini (kiri) memebrikan bantuan Pemprov Jabar kepada Ketua TP

Read More...

Mobile Sliding Menu