Dapur Warna-warni Ringankan Pemerintah

In Metropolis
dapur warna warni
SULAP : Warung bakso, disulap jadi dapur warna-warni, Cak Anton Arema sudah sebarkan sekitar 4.000 bungkus nasi menu berbuka. FOTO : RUBIAKTO/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Tak melulu selalu mengandalkan bantuan dari pemerintah, jika sebenarnya mampu membantu sesama. Seperti yang dilakoni Dapur Warna-warni di Jalan Kalibaru Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilodong. Sekelompok relawan Cilodong ini mengubah warung bakso, menjadi dapur umum menyiapkan makanan bagi warga yang kurang mampu serta yatim piatu.

Koordinator Dapur Warna-warni, Anton Sujarwo mengatakan, dalam sehari para relawan bisa membuat 200-an porsi makanan untuk dibagikan. Sejak didirikan 15 April 2020 selalu disibukan dengan membuat makanan.

“Jadi saya ada tempat lumayan gede, warna warni itu warung bakso tapi ketika PSBB warungnya saya tutup. Ini ada tempat sayang enggak dipakai, jadi saya gunakan agar lebih bermanfaat akhirnya ada ide buat dapur umum,” kata Anton kepada Radar Depok, Senin (11/05).

Cak Anton Arema -sapaan Anton Sujarwo- menyebut, saat ini pihaknya sudah membuat sekitar 4.000 nasi bungkus yang telah dibagikan ke masyarakat yang membutuhkan.

“Kami sulap warung bakso jadi dapur umum, kami juga di bantu Relawan Komunitas Pendaki Citayam (KPC) Rimbun yang mendistribusikan makanan,” jelasnya.

Anton menambahkan, relawan dari beragam latar belakang ini juga membuka donasi berupa bahan pangan atau uang untuk bahan baku pembuatan makanan yang akan mereka bagikan. Menurutnya, donatur tidak hanya berasal dari warga Depok namun juga berasal dari sejumlah wilayah di luar Depok, seperti Malang hingga Malaysia.

“Pembagiannya kami ke warga yang membutuhkan, lalu ke panti asuhan sekitar dan kalau ada sisa kami bagikan di jalanan,” lanjut Anton.

Menurut Anton, pembuatan dapur umum ini untuk membantu sesama warga yang membutuhkan di tengah wabah COVID-19. Ia mengajak rekan-rekannya untuk membantu sesama yang kesulitan.

“Banyak yang bantu, donaturnya, juga banyak dari tokoh di Kota Depok diantaranya Rudi Samin, Novi Anggraeni, Hamzah , Hardiono, Pradi Supriatna, dan masih banyak lagi,” kata Cak Anton Arema.

Sementara itu, Ketua RT 1/2, Kalibaru, Cilodong, Dimas Sentot mengaku, sangat terbantu dengan keberadaan kampung warna-warni. Menurutnya bantuan makanan yang dilakukan warung warna-warni sangat menolong masyarakat di tengah Pandemi Korona.

Dia mendata warga yang kurang mampu untuk kemudian dibagikan paket makanan. Setiap hari RT nya mendapat 20 bungkus nasi bagi warga yang kurang mampu. Sehingga dirinya mengaku tak khawatir ada warganya yang kelaparan.(rd/rub)

 

Jurnalis : Rubiakto (IG : @rubiakto)

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

siskamling kelurahan curug

Curug Tingkakan Siskamling

GIAT : Ketua LPM Kelurahan Curug pantau siskamling, di Rw 08 Kelurahan Curug. FOTO :

Read More...
endah disitribusikan sembako

Demokrat Distribusikan 1.200 Sembako di Sukmajaya

BANTUAN : Sekum DPC Partai Demokrat Kota Depok, Endah Winarti membagikan paket sembako ke warga

Read More...
lumbung pangan kalimulya

Lumbung Pangan Kalimulya Aman

PANTAU LANGSUNG : Camat Cilodong Supomo bersama Lurah Kalimulya Nandang Juhana saat melalukan pemantauan langsung

Read More...

Mobile Sliding Menu