Depok Akan Punya Rumah Budaya, Ini Lokasinya

In Metropolis
KOOD bikin rumah budaya
DIBANGUN : Sekretaris Umum KOOD, Nina Suzana (kiri), menuangkan adukan semen sekaligus menandai dimulainya proses pembangunan Rumah Budaya Depok di kawasan Kampung Rawa Denok, Kelurahan Rangkapan Jaya Baru. FOTO : KOOD FOR RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Kumpulan Orang Orang Depok (KOOD) memiliki semangat besar dalam mengembangkan serta melestarikan seni-budaya lokal di Kota Depok. Salah satunya, dengan dibuktikan membangun Rumah Budaya Depok.

Mengawali proses pembangunan, Sekretaris Umum KOOD Hj Nina Suzana meletakan batu atau umpak pertama di lahan seluas 160 meter di Kampung Rawa Denok, Kelurahan Rangkapanjaya Baru, Pancoranmas, Minggu (3/5).

Kegiatan yang memang tidak menghadirkan banyak orang tersebut, mengikuti protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 yang ditetapkan Pemerintah. Di antaranya menjaga jarak (social distancing) dan mewajibkan pemakaian masker.

“Dalam suasana yang memprihatinkan karena wabah korona, rumah budaya ini resmi mengawali pembangunannya. Semoga lancar,” ucap Nina Suzana sambil menuangkan adukan semen ke sebuah lubang yang akan ditempatkan umpak sebagai pondasi blandongan.

Guna melancarkan proses pembangunan rumah budaya, Nina mengajak peran serta berbagai pihak, terutama yang memiliki kepedulian terhadap pelestarian budaya Depok. Sebelumnya perwakilan Dewan Sepuh KOOD, Zaenudin mengapresiasi upaya pembangunan rumah budaya yang dinilainya akan semakin memperkuat identitas Depok sesungguhnya.

“Saya bangga, ini ide bagus. Tapi jangan rumahnya aja yang dibangun, harus tersedia pernak-perniknya, termasuk perabot dapur jaman dulu, sumur senggot dan padasan,” kata Camat Limo ini.

Sementara itu Ketua Umum KOOD, H Ahmad Dahlan, berharap rumah budaya yang dibangun oleh organisasinya akan bermanfaat bagi seluruh masyarakat Depok.

“Rumah budaya ini tidak hanya menjadi tempat ngumpul para pelaku seni dan budaya, tetapi juga bernilai edukasi sebagai sarana bagi para pelajar untuk lebih mengenal sejarah Depok,” ujar Dahlan.

Di rumah budaya tersebut, lanjut Dahlan, akan tersedia benda-benda peninggalan leluhur Depok tempo doeloe, seperti meja, kursi, lemari, barang pecah-belah, dan lainnya. Secara khusus Dahlan mengucapkan terima kasih kepada keluarga almarhum Haji Aman Suherman, mantan Ketua KOOD Kecamatan Sawangan, yang telah memberikan bantuan berupa enam bongkahan batu besar atau umpak.

“Alhamdulillah dapet bantuan enam umpak dari almarhum Baba Aman. Beliau ngasihnya sebelum wafat. Umpak ini berusia sekitar 100 tahunan,” demikian Dahlan.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Wakil Ketua Umum KOOD Syaiful Hidayat dan Jamhurobi, Wakil Sekretaris Umum Amiruddin, perwakilan Dewan Pembina Burhanudin, Humas KOOD Tuty Alawiyah, Sekretaris KOOD Kecamatan Sawangan Suherman Firdaus, Ketua KOOD Kelurahan Rangkapan Jaya Nurhasan alias Geplak Maur, Ketua LPM Rangkapan Jaya Sonih Cakel, serta perwakilan Polsek Pancoranmas. (rd/hmi)

 

Jurnalis : Fahmi Akbar : (IG : @akbar.fahmi.71)

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

Tokoh Perempuan dan Anak di kota Depok, Novi Anggriani Munadi.

Novi : Jika IBH Pro Perempuan dan Anak, Kenapa Tidak

Tokoh Perempuan dan Anak di kota Depok, Novi Anggriani Munadi.   RADARDEPOK.COM, DEPOK - Nama kader PKS

Read More...

Sadis, AO Ditemukan Meninggal dalam Kondisi Terikat di Apartemen Depok

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM, DEPOK – AO ditemukan meninggal dunia di dalam apartemen Margonda Residence 5, Kecamatan Beji, Kota

Read More...
pintu dua RSUD depok

Pintu Dua RSUD Kota Depok Dibuka

SOSIALISASI : Suasana sosialisisasi pembukaan pintu dua RSUD Kota Depok, di Aula Kantor Kecamatan Sawangan.

Read More...

Mobile Sliding Menu