Beranda Utama Dilarang Takbiran Keliling di Depok dan Sekitarnya

Dilarang Takbiran Keliling di Depok dan Sekitarnya

0
Dilarang Takbiran Keliling di Depok dan Sekitarnya
ILUSTRASI
Ilustrasi takbiran keliling
ILUSTRASI

 

RADARDEPOK.COM, JAKARTA – Polda Daerah Metro jaya melarang aktivitas takbir keliling pada saat penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

“Tentu saja itu (takbir keliling) sangat tidak elok, kalau takbir keliling saat PSBB seperti saat ini,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo.

Menurut Sambodo, polisi akan mengawasi untuk memastikan masyarakat tidak menggelar takbir keliling di ibu kota saat malam Lebaran. Hal ini tentunya untuk mencegah adanya kerumunan atau keramaian sehingga berpotensi bisa menyebarkan virus Korona lebih luas.

“Kita juga pastikan akan meningkatkan jumlah personel untuk pengawasan, jangan sampai ada orang melaksanakan takbiran secara keliling karena itu kan suatu kerawanan sendiri,” tuturnya.

Diketahui, Gubenur DKI Anies Baswedan menerapkan kebijakan PSBB sejak 10 April melalui Peraturan Gubernur Nomor 41 Tahun 2020 tentang Pengenaan Sanksi Terhadap Pelanggaran PSBB dalam Penanganan Covid-19 di Jakarta.

Sebelumnya, Menteri Agama (Menag), Fachrul Razi juga telah mengimbau umat Islam Indonesia disarankan untuk salat Idul Fitri di rumah untuk menegah penyebaran virus Korona.

“Saya imbau umat Islam menjalankan Sholat Id di rumah bersama keluarga inti. Ini bagian dari empati dan komitmen kita sebagai umat beragama, dalam penanganan virus Korona,” kata Fachrul.

Menag berpesan salat Idul Fitri jangan sampai ditinggalkan, sesuai teladan Rasulullah SAW. Namun penyelenggaraan salat Idul Fitri jangan sampai melanggar protokol kesehatan di masa pandemi virus Korona, yaitu dengan salat di rumah bersama keluarga. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya