Fasilitas Kesehatan dan Tenaga Medis Harus Terjamin

In Politika
qonita bermasker
Anggota DPRD Kota Depok, Qonita Lutfiyah

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pemkot Depok bersama Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Depok harus memberikan jaminan keselamatan dan keamanan bagi  fasilitas kesehatan dan tenaga medis  yang bertugas sebagai garda terdepan dalam penanganan Covid-19 atau Virus Korona.

Hal tersebut diungkapkan Anggota DPRD Kota Depok, Qonita Lutfiyah saat
dihubungi Radar Depok melalui nomor gawai pribadinya, Selasa (5/5). “Harus diberikan jaminan keselamatan dan keamanan, jangan sampai saat menjalankan tugas, tapi cemas dengan tidak lengkapnya Alat Pelindung Diri (APD) atau malah menjadi pesakitan juga, akibat terpapar Covid-19,” kata Qonita.

Ia pun menyayangkan jika tiga puskesmas di Kecamatan Sawangan Kota Depok harus ditutup, lantaran temuan hasil rapid tes tenaga kesehatan terpapar Covid-19. Dan,di saat bersamaan,  ada delapan perawat di RSUD Depok juga mengundurkan diri.

“Penyakit kan bukan hanya Covid-19 saja, bagaimana dan kemana nantinya masyarakat yang sakit, khususnya yang tidak mampu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan jika puskesmasnya tutup,” paparnya.

Terkait delapan perawat yang mengundurkan diri, Qonita menanggap itu adalah hak seseorang untuk menentukan pilihan hidup. Namun, pemerintah pun harus bisa menambal sulam kekurangan SDM di RSUD, khususnya untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

“Harus segera ada SDM baru yang diberdayakan. Jangan sampai gedungnya sudah bagus, alatnya sudah lengkap, tapi SDM-nya tidak ada. Terlebih, ditengah pandemi Covid-19 ini,” tegas putri KH Syukron Mamun ini.

Karenannya, Qonita dengan tegas mengatakan, saat ini sudah seharusnya bahu membahu melakukan kerja nyata dalam menanggulangi Covid-19. Sehingga, dalam kurun waktu kedepan, dapat memutus mata rantai penyebaran Virus Korona di Kota Depok.

“Sudah banyak yang berbuat sejauh ini. Tinggal, bagaimana membuat disiplin masyarakat menerapkan protokol kesehatan. Jika ikhtiar sudah optimal, tinggal berdoa kepada Allah SWT, karena hanya kepada-Nya lah kita berserah diri,” pungkas Qonita. (rd/cky)

 

Jurnalis : Ricky Juliansyah

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

ATM si komandan sukmajaya

ATM si Komandan ‘Door to Door’ di Sukmajaya

PEDULI RAKYAT : Babinsa Koramil 03/Sukamajaya saat memberikan beras dari ATM si komandan ke warga

Read More...
posyandu dapat bantuan sembako

50 Posyandu di Limo Dapat Bantuan Susu

BANTUAN : Koordinator PLKB Kecamatan Limo Yaharini (kiri) memebrikan bantuan Pemprov Jabar kepada Ketua TP

Read More...
swadaya warga sukmajaya

RW16 Mekarjaya Swadaya Salurkan Sembako

PEDULI WARGA : Ketua RW 16 Ferryzar saat memberikan paket sembako ke salah satu warganya

Read More...

Mobile Sliding Menu