Ini Waktu yang Tepat untuk Berolahraga di Kala Berpuasa

In Ekbis dan Hiburan

ilustrasi olahraga ringan

 

RADARDEPOK.COM – Puasa di bulan Ramadan bukan berarti bermalas-malasan, apalagi dalam hal berolahraga. Lalu waktu yang tepat berolahraga itu kapan ya?

Meskipun berpuasa, tentu tetap harus menjaga kondisi tubuh. Selain dengan menjaga pola makan, olahraga juga bisa jadi pilihan.

Akan tetapi, terkadang kita tak tahu kapan waktu yang tepat untuk berolahraga saat berpuasa.

Menurut dokter spesialis kedokteran olahraga, dr Michael Triangto, SpKO, waktu yang sangat dianjurkan untuk berolahraga adalah mendekati waktu berbuka.

Olahraga yang sebaiknya dilakukan adalah olahraga yang tidak memiliki intensitas yang berat, yakni yang ringan sampai sedang. Mengapa disarankan waktu tersebut?

“Bilamana menjadi haus, waktu untuk membatalkannya tidak jauh. Kalau kita menjadi lapar, waktu untuk berbuka juga sudah dekat,” jelasnya, Kamis (7/5).

Hal tersebut akan sulit diatasi apabila dilakukan setelah sahur. Banyak juga yang menyarankan waktu tersebut, namun menurut dr Michael, akan lebih sulit karena kita akan menjadi lelah atau mudah haus.

Ada juga yang menganjurkan berolahraga di malam hari setelah berbuka. Akan tetapi, pada saat berpuasa kita akan cenderung mudah mengalami dehidrasi, dan setiap berolahraga kita akan meningkatkan metabolisme tubuh kita.

Sehingga menimbulkan suatu kondisi yang disebut excess post-exercise oxygen consumption atau konsumsi oksigen pasca-olahraga atau EPOC.

Dalam kondisi tersebut, setelah berolahraga tubuh akan terasa masih hangat, dan apabila terjadi di malam hari dan diperberat dengan kondisi dehidrasi tadi yang belum teratasi, maka kita akan mengalami kesulitan tidur.

“Kita khawatirkan sahurnya nanti telat (bangun),” tandasnya. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

pintu dua RSUD depok

Pintu Dua RSUD Kota Depok Dibuka

SOSIALISASI : Suasana sosialisisasi pembukaan pintu dua RSUD Kota Depok, di Aula Kantor Kecamatan Sawangan.

Read More...
imam budi bermasker hitam

IBH : Jangan Lengah, Covid-19 Masih Ada

Imam Budi Hartono   RADARDEPOK.COM, DEPOK - Anggota DPRD Jawa Barat, Imam Budi Hartono meminta masyarakat, untuk

Read More...
KPU sosialisasi tahapan

KPU Depok Sosialisasi Tahapan Pencalonan

SAMBUTAN : Ketua KPU Kota Depok, Nana Shobarna saat memberikan sambutan dalam sosialisasi tahapan pencalonan

Read More...

Mobile Sliding Menu