Mamun Berkebun Tumbuhan Herbal Sejak 2009

In Satelit Depok
mamun tumbuhan herbal
RAWAT TANAMAN : Mamun Ridwan sedang mengecek kondisi tanaman di kebun herbal miliknya. FOTO : ISTIMEWA

 

RADARDEPOK.COM, PONDOK PETIR – Semenjak munculnya Virus Korona. Masyarakat mulai mencari obat – obatan herbal. Salah satu ramuan herbal yang paling hits saat ini, jamu Empon-empon.

Mamun Ridwan, warga Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, sedang asyik membersihkan kebun lidah buaya di sekitar rumahnya. Pria yang berprofesi sebagai tenaga pendidik ini kerab menghabiskan waktunya untuk merawat kebun herbal, terutama saat masa pandemi ini.

Dia mengaku rutin mengkonsumsi racikan empon-empon yang menyehatkan tubuh sudah sejak tahun 2009. Racikan empon-empon, kata dia, tidak pernah beli. Karena membiasakan menanam tanaman bermanfaat bagi keluarganya di pekarangan rumahnya. Tak heran jika tanaman obat keluarga di pekarangan terlihat komplit. Dari cabai, tomat, jahe merah, jahe gajah, temu lawak dan jenis tumbuhan lainnya.

“Untuk jahe seperti jenis emprit, jahe gajah, kunyit, temu lawak bisa dipanen   5 bulan, dalam waktu itu setiap pohonnya bisa meraup 500 gram. Kecuali untuk jenis jahe gajah, satu pohon bisa mencapai 1 Kg,” kata Mamun,  di pekarangan yang menjadi kebun organik.

Dengan budidaya tanaman obat keluarga, bagi Mamun, tidak hanya memberi rasa nyaman bagi keluarganya, tetapi kesehatan tubuh lebih terjaga. Karena setiap ada yang dirasa di badan, bisa langsung ke pekarangan dan memetik. Contoh, jika merasakan masuk angin, cukup seduh jahe dicampur madu, Insya Allah bisa sembuh.

“Jika punya pekarangan jangan dibiarkan telantar, karena akan tumbuh rumput liar, tetapi manfaatkan menanam tumbuhan yang bermanfaat bagi tubuh, seperti menanam jenins empon-empon,” pungkasnya. (dra)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar : (IG : @regarindra)

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

walikota depok bermasker putih

Mohammad Idris Ajukan Cuti Mulai 26 September

Mohammad Idris   RADARDEPOK.COM, DEPOK – Mohammad Idris yang kini menjadi Walikota Depok, akan bertarung pada Pemilihan

Read More...
PN pedagang pasar kemirimuka

Banyak Bansos, Bikin Harga Sembako di Pasar Turun di Depok

MELAYANI PEMBELI : Pedagang ikan melayani pembeli saat berada di Pasar Kemirimuka, Kecamatan Beji. FOTO

Read More...
XL untuk pembelajaran

Belajar Online Tambah Seru? #KenapaNggak

  RADARDEPOK.COM - Masa pandemi membuat kita beradaptasi dengan banyak hal baru. Selain kita harus selalu menggunakan masker, mencuci tangan

Read More...

Mobile Sliding Menu