Nurul Huda Peduli : Bagikan 200 Nasi Kotak

In Satelit Depok
masjid nurul huda berbagi
JAGA JARAK : Warga sedang mengambil paket sembako di Masjid Jami Nurul Huda di Jalan RTM, RT04/11 Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis. FOTO : ISTIMEWA

 

RADARDEPOK.COM, CIMANGGIS – Berangkat dari keprihatinan, lantaran banyak warga terdampak Covid-19 yang tidak mendapatkan akses bantuan dari pemerintah, Masjid Jami Nurul Huda di Jalan RTM, RT04/11 Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis membuat program Nurul Huda Peduli.

Program yang digarap bersama Paguyuban Kelapa Dua Solid (KDS), Karang Taruna (Katar), pengurus lingkungan, masyarakat dan  Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Nurul Huda tersebut, membagikan 200 nasi kotak per hari dan paket sembako tiap minggunya kepada warga RW11.

“Berangkat dari keprihatinan, lantaran banyak warga terdampak Covid-19 yang tidak mendapatkan akses bantuan, terutama mereka-meraka yang tergolong pendatang, pedagang kecil dan ngontrak. Bahkan, ada warga kami di dekat masjid, ada tukang kerupuk, sampai seminggu hanya makan nasi dengan garam, karena mereka tidak bisa berjualan,” kata Ketua Panitia Masjid Nurul Huda Peduli, Ustadz

Mereka itu, sambungnya, dimungkinkan tidak memiliki kartu keluarga (KK), tidak terdata di RT. Ia pun khawatir mereka tidak mendapatkan akses bantuan bisa jadi, satu keluarga bisa meninggal karena kelaparan.

“Akhirnya, kami membuat program Nurul Huda Peduli, kami ingin masjid itu jadi pusat crisis center dan pusat kegiatan, jika tidak bisa menggelar ibadah berjamaah, paling tidak, masjid bisa melakukan kegiatan sosial di tengah Covid-19. Soal orang kelaparan ini tidak bisa ditunda, masjid harus hadir di setiap rumah ,” paparnya.

Pihaknya pun membuat pendaftaran daring, dan semua orang bisa mendaftar selama mereka warga lingkungan RW11. Sehingga, dari 2.500 KK yang ada, pendaftar di online mencapai 755 KK. Bahkan, pihaknya melakukan verifikasi agar bantuan tersalurkan dan tidak tumpang tindih.

“Sistem pembagiannya, kami setiap minggu 100 paket sembako, itu digilir, jika ada 700 KK, maka tujuh minggu, nanti kembali lagi ke awal. Memang itu tidak akan maksimal, tapi, itu batas kemampuan kami di sini yang memaksimalkan potensi warga sekitar. Hari ini ada 125 paket sembako, ada bantuan dari Inverniti Depok,” terangnya.

Selain itu,program Nurul Huda Peduli ini juga menyiapkan 200 nasi kotak tiap hari, dan siapa pun yang membutuhkan dapat datang ke Masjid Nurul Huda. Bahkan, dari ujung ke ujung Kelapa Dua, tidak ada yang membuat program seperti itu dan sepi kegiatan.

“Kami buat  program di sini, Alhamdulillah setiap hari responnya luar biasa dan yang datang sampai melebihi nasi boks yang kami siapkan, sehingga, kami menggunakan sistem kupon. Memang saat ini, masyarakat kita ini sedang benar-benar susah,” katanya.

Untuk pembagiannya, ia menegaskan, panitia menerapkan protokol kesehatan dan anjuran pemerintah, seperti social distanding, menggunakan masker saat mengambil sembako atau nasi boks. Sehingga, program tersebut tidak menjadi wahana penularan Covid-19.

“Kami buat kupon, menjaga jarak, pakai hand sanitizer, dan panitia yang membagikan pun menggunakan sarung tangan karet. Harapan kami, ya terhindar dari penularan virus Korona,” tegasnya.

Ia bersyukur lantaran banyak warga yang mulai bergabung, seperti kaum hawa tiap RT yang memasak bareng untuk nasi kotaknya, demikian juga dari KDS, Katar dan lainnya. Sehingga, program ini membangkitkan kekompakan dan menumbuhkan gerakan jaga tetangga, jika donator bergerak sendiri tentu tidak akan efektif.

“Nasi boks ini sudah hari ke-16, dan paket sembako ini sudah minggu yang ketiga dengan jumlah 325 paket sembako, kami akan lakukan ini sampai tidak ada lagi Korona, kami pun optimis masih banyak orang baik yang mau berbuat. Jika semua masjid di Depok bisa melakukan program ini, Insya Allah kita bisa melewati Korona ini bareng-bareng,” pungkasnya. (rd/cky)

 

Jurnalis : Ricky Juliansyah

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

kebijakan di tengah pandemi

Kebijakan Ditengah Pandemi : Pemerintah Plin-Plan Larang Mudik 

SOSIAL : HMS Center saat melakukan acara, belum lama ini. FOTO : ISTIMEWA   Ketua Umum Hidupkan

Read More...
kemanusiaan lebih penting dari politik

Kemanusiaan Lebih Penting dari Politik

PEDULI : Tokoh Perempuan dan Anak di kota Depok, Novi Anggriani Munadi, saat memberikan bantuan

Read More...
CEO Persikad 99 A Handiyana

Muncul Banyak Klub Majukan Kompetisi

CEO Persikad 99, A Handiyana.   RADARDEPOK.COM, DEPOK - Saat ini geliat olahraga di kota Depok sedang

Read More...

Mobile Sliding Menu