Pemkot Depok Punya Rp 600 Miliar untuk Tangani Korona Jika Melakukan Hal Ini

In Utama
ILUSTRASI

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Dana besar masih dimiliki Pemerintah Kota (Pemkot) Depok untuk menangani pandemi virus Korona (Covid-19). Kota Depok tercatat sebagai kota pertama di Indonesia adanya pasien positif virus Korona, yakni 2,5 bulan yang lalu.

Direktur Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) Jawa Barat, Hasan Lamahering menjelaskan, dana besar tersebut bisa didapatkan Pemkot Depok, jika mau melakukan realokasi anggaran belanja langsung dari APBD Kota Depok tahun 2020.

Belanja Langsung Kota Depok mencapai 60,4 persen dari total APBD yang digunakan untuk tiga komponen belanja. Rinciannya belanja pegawai (Rp 392,5 miliar), belanja barang dan jasa (Rp 924,1 miliar), serta belanja modal (Rp 872 miliar).

“Rasionalisasi belanja langsung yang dapat dilakukan adalah merealokasinya sampai 30 persen, karena untuk merealokasi sampai 50 persen nampaknya berat. Hal itu mungkin telah terjadi komitmen dengan para penyedia,” jelas Hasan.

Dengan melakukan realokasi 30 persen saja dari pos belanja langsung, potensi anggaran penanganan virus Korona di Kota Depok Depok bisa mencapai Rp 656,6 miliar.

Jumlah itu belum termasuk anggaran biaya tak terduga (BTT) Kota Depok sebesar Rp 158,6 miliar yang sebagian di antaranya telah dipakai Pemkot Depok sejak menetapkan masa darurat pandemi virus Korona, Maret 2020.

“Faktanya, dari pantauan BPKP (Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan) Wilayah Jawa Barat, Pemkot Depok hanya merealokasi anggaran sebesar Rp 27,3 miliar yang difokuskan untuk penanganan kesehatan,” tutur Hasan. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

XL axiata pimpin industri

XL Axiata Pimpin Industri Transformasi Digital

PELOPOR : XL Axiata menjadi perusahaan telekomunikasi pertama di Asia Tenggara yang menggunakan SAP S/4

Read More...
webinar axis

Bikin Virtual Meet Up Jadi Makin Seru #KenapaNggak

  RADARDEPOK.COM - Selama masa pandemi dan dirumah aja, tentunya ada beberapa kebiasaan kita yang ikut berubah. Misalnya, dulu kalau

Read More...
SMK putra bangsa alfamidi

Guru SMK Putra Bangsa Ikut Alfamidi Class

PROGRAM : Lima guru SMK Putra Bangsa mengadakan Program Alfamidi Class dengan menjalani Trainning for

Read More...

Mobile Sliding Menu