Potong Kerbau, KOOD Pertahankan Budaya Andilan

In Metropolis
KOOD budaya andilan
SEMBELIH : Ketua Dewan Pembina KOOD, Pradi Supriatna (kanan), memberikan daging andil kepada Ketua Dewan Sepuh KOOD Kyai Syihabuddin Ahmad, di halaman Saung K3D, Jalan Margonda, Kamis (21/05). FOTO : DICKY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Kumpulan Orang Orang Depok (KOOD) kembali menggelar tradisi atau kebiasaan leluhur Betawi-Depok, yaitu memotong hewan kerbau dari hasil patungan/andilan. Pelestarian budaya Andilan dilaksanakan di halaman Saung K3D, Jalan Margonda, Kamis (21/05).

Koordinator Andilan KOOD, Tuty Alawiyah mengatakan, KOOD berinisasi menggelar Andilan menjelang Hari Raya Idul Fitri. Selain menjaga tradisi masyarakat Kota Depok, tradisi Andilan guna menjaga kebersamaan dan meringankan para peserta dalam memenuhi kebutuhan daging di Hari Raya Idul Fitri.

“Para pejabat ikut patungan daging kerbau ini, seperti Walikota Depok Mohammad Idris, Wakil Walikota Pradi Supriatna, serta sejumlah  camat dan lurah,” ujar Tuty kepada Radar Depok.

Tuty mengungkapkan, guna menjalankan penerapan PSBB dan social distancing, KOOD tidak menghadrikan banyak anggota dalam prosesi Andilan atau pemotongan kerbau. Tuty Alawiyah meminta, kepada anggota yang melakukan pemotongan kerbau menggunakan masker sebagai prosedur dan mencegah penyebaran virus Korona (Covid-19).

Ketua Dewan Pembina KOOD, Pradi Supriatna mengapresiasi, semangat jajaran pengurus KOOD dalam merawat kearifan lokal. Menurutnya, melalui kegiatan andilan ini tradisi para leluhur Depok dapat terjaga dan lestari. 

“Bukan terkait daging kebonya, beli di pasar juga bisa. Tapi yang sangat langka dan berharga dalam kegiatan ini adalah gotong-royongnya, semangat kebersamaannya. Melalui andilan ini kita bersama-sama telah merawat dan melestarikan tradisi masyarakat Depok tempo dulu,” tutup Pradi. (rd/dic)

 

Jurnalis : Dicky Agung Prihanto

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

Suasana pelayanan RSUD Depok

Dirut RSUD Depok : 27 Tenaga Kesehatan yang Tepapar Korona

SEPI : Suasana ruang pelayanan RSUD Kota Depok, tampak sepi, Jumat (22/05). FOTO : DICKY/RADAR

Read More...
Kereta perjalanan jarak jauh

PT. KAI : Tidak Ada Penjualan Tiket Kereta Online

  RADARDEPOK.COM, JAKARTA - Tidak ada penjualan tiket kereta jarak jauh via online, baik melalui situs resmi PT. KAI ataupun

Read More...
Ilustrasi uang diamplop

Ketua-ketua RW Menantikan Dana Insentif Cair

RADARDEPOK.COM, DEPOK - Menjelang Hari Raya Idul Fitri, Ketua RT dan RW di Kota Depok mengharapkan dana insentif bisa

Read More...

Mobile Sliding Menu