Beranda Metropolis Stok Darah Menipis, PMI Depok Ajak Donor

Stok Darah Menipis, PMI Depok Ajak Donor

0
Stok Darah Menipis, PMI Depok Ajak Donor
STOK DARAH: Petugas menunjukkan kantung darah di Kantor PMI, Grand Depok City, Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilodong. FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
stok darah PMI menipis
STOK DARAH : Petugas menunjukkan kantung darah di Kantor PMI, Grand Depok City, Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilodong. FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok kembali mengajak warga secara sukarela mendonorkan darahnya. Terlebih, saat ini hampir seluruh jenis golongan darah, stoknya sudah menipis di tempat penyimpanan.

“Kami mengajak warga agar bisa mendonorkan darahnya. Terutama untuk golongan AB karena stok yang tersisa hanya satu labu. Sementara permintaan dari rumah sakit terus meningkat,” ungkap Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Depok, Widya Astriyani, Jumat (8/5).

Diakuinya, permintaan darah tidak hanya dari Kota Depok, melainkan dari luar daerah. Yaitu Jakarta, Bogor dan lainnya.

“Siapa pun yang meminta, tidak bisa kita tolak. Sekarang yang terpenting kebutuhan stok darah, untuk golongan darah apapun harus kembali kita penuhi jumlahnya,” ujarnya.

Dia menyebutkan, hingga kemarin Kamis (7/5) jumlah stok darah yang tersisa untuk golongan darah A sebanyak 21 labu, B ada 42 labu, AB ada 1 labu dan O sekitar 127 labu. Jumlah ini terus menurun seiring meningkatnya permintaan.

Lebih lanjut, Widya menuturkan, bagi masyarakat yang ingin mendonorkan darah, bisa langsung mendatangi Markas PMI Kota Depok, di Jalan Boulevard Raya, Grand Depok City (GDC), Kelurahan Kalimulya, Kecamatan Cilodong. Mulai pukul 08.00 sampai 20.30 WIB.

“Bagi warga yang ingin mendonorkan darahnya, bisa datang di jam tersebut ke markas kami. Besar harapan kami, masyarakat mau datang langsung dan secara sukarela mendonorkan darahnya. Kami tidak ada kegiatan di luar, mengingat adanya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan physical distancing,” pungkasnya. (rd/rub)

 

Jurnalis : Rubiakto (IG : @rubiakto)

Editor : Pebri Mulya