TPU Tapos Terima Jenazah Covid-19

In Satelit Depok
TPU tapos terima jenazah
DISKUSI : Pembekalan kepada relawan pemulasaran jenazah Covid-19, di lantai dua Kantor Kecamatan Tapos. FOTO : LULU/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, TAPOS – Kecamatan Tapos saat ini memililiki tujuh orang relawan yang bersiap siaga untuk pemulasaran jenazah Covid-19. Sehingga, Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang dibolehkan memakamkan korban Virus Korona.

Sekretaris Kecamatan sekaligus Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Tapos, Samiya menuturkan, saat ini Tapos miliki tujuh orang relawan yang selalu siap siaga dalam pemulasaran jenazah covid-19.

“Awalnya hanya tiga orang dan kemarin ada arahan-arahan untuk relawan dan sudah bertambah menjadi tujuh orang. Ini semua atas dasar keinginan mereka sendiri membantu sesama,” ucapnya saat ditemui Radar Depok.

Ia menjelaskan, untuk relawan sendiri dibekali dengan berbagai cara penanganan khusus hingga Alat Pelindung Diri (APD) lengkap.

“Mereka sudah dibekali pelatihan dan arahan terkait pemulasaran jenazah, baik memandikan hingga mengkafani yang sesuai dengan prosedur,” jelasnya.

Terkait dengan adanya informasi pemakaman khusus covid-19 di Tapos, dirinya menegaskan bahwa itu merupakan Taman Pemakaman Umum (TPU).

“Jadi itu merupakan lahan fasos fasum seluas 2,1 hektare yang akhirnya kami ajukan untuk dijadikan TPU. Tetapi, karena situasinya sedang seperti ini, dan banyak jenazah covid-19 yang ditolak saat akan pemakaman, untuk itu kami menyediakan lahan tersebut baik untuk yang terindikasi covid-19 ataupun tidak,” tuturnya.

Lebih jauh ia menceritakan, bahwa masyarakat sekitar telah diberikak pemahaman terlebih dahulu sebelum akhirnya lahan tersebut ditempatkan untuk jenazah yang terindikasi Covid-19.

“Setelah kami berikan penjelasan, alhamdulillah masyarakat mengerti dan menerima dengan baik,” pungkasnya. (rd/tul)

 

Jurnalis : Lutviatul Fauziah (IG : @lutviatulfauziah)

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

vaksin korona baru

Tahap Pertama Ada 40,2 Juta Orang Penerima Vaksin Covid-19 Gratis

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM - Bulan Januari 2021 diagendakan Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan menargetkan untuk menjalankan program vaksinasi. Ini

Read More...
waspada virus korona

Kecamatan Cimanggis jadi Wilayah Terbanyak Covid-19 di Kota Depok

  RADARDEPOK.COM, DEPOK - Sampai Sabtu (2/1), jumlah pasien/kasus virus Korona (Covid-19) di Kota Depok mencapai 3.521 orang Dengan catatan tersebut,

Read More...
Disinfektan PPM Cipayung

Rayakan Ulang Tahun ke-40, PPM Cipayung Semprot Disinfektan

PERINGATI : Pemuda Panca Marga (PPM) Ranting Cipayung semprot disinfektan di tiga titik dalam rangka

Read More...

Mobile Sliding Menu