Beranda Satelit Depok UHamka Tanggulangi Covid-19 Berbasis Komunitas di Sukmajaya

UHamka Tanggulangi Covid-19 Berbasis Komunitas di Sukmajaya

0
UHamka Tanggulangi Covid-19 Berbasis Komunitas di Sukmajaya
KEGIATAN : Masyarakat RW 13 Kelurahan Cisalak dibina untuk membangun kemandirian dengan membuat masker dan handsanitizer. FOTO : LULU/RADAR DEPOK
uhamka ajarim buat masker
KEGIATAN : Masyarakat RW 13 Kelurahan Cisalak dibina untuk membangun kemandirian dengan membuat masker dan handsanitizer. FOTO : LULU/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, SUKMAJAYA – Pandemi virus Korona (Covid-19) yang semakin meningkat tiap harinya mendorong Dosen UHamka untuk menjadi agen penggerak di lingkungannya dalam menanggulangi penyebaran virus yang masuk ke Indonesia sejak Maret 2020 tersebut.

Hal ini dilakukan dengan tujuan membantu Pemerintah dan tenaga medis untuk meminimalisir korban jiwa dari virus Korona.

Salah satu dosen relawan Volunteer UHamka, Ihsana El Khuluqo menganalisis dengan cara pendataan terlebih dahulu dengan melakukan pemilahan permasalahan yang ada di masyarakat RW 13, Keluarahan Cisalak, Kecamatan Sukmajaya.

“Kami membangun kemandirian masyarakat dalam hal pemberian edukasi ke masyarakat RW13 dalam membuat Alat Pelindung Diri (APD) seperti masker dari bahan kain dan membuat hand sanitizer dari bahan lidah buaya dan dicampur alkohol,” ucapnya kepada Radar Depok, Senin (11/5).

Dirinya juga menuturkan, ada juga pemberdayaan masyarakat dengan mengadakan Jumat Berkah. Kegiatan ini dilakukan di beberapa tempat. Oleh karena itu, ada sekitar 200 dosen yang terlibat menjadi relawan

“Ini lah salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menjadikan dosen UHamka sebagai agen penggerak,” jelasnya.

Dari kegiatan edukasi tersebut, berhasil membuat 200 masker, 100 botol hand sanitizer, serta 89 paket sembako.

“Paket sembako di akomodir oleh tim Tanggap Covid-19 yang luar biasa kerja ikhlas, kerja cepat,” tuturnya.

Ditempat yang sama, Ketua RW 13 Kelurahan Cisalak, Karyono mengucapkan terimakasih kepada pihak UHamka yang telah berkolaborasi bersama untuk membangun kemandirian masyarakat.

“Alhamdulillah, kami sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini, warga diberikan berbagai pelatihan seperti pembuatan masker dan handsanitizer, serta masyarakat yang membutuhkan diberikan paket sembako” pungkasnya. (rd/tul)

 

Jurnalis : Lutviatul Fauziah (IG : @lutviatulfauziah)

Editor : Pebri Mulya