BBWSCC Beberkan Penyebab Banjir di Perumahan BSI

In Satelit Depok
Tinjau banjir perumahan BSI
PANTAU KALI : Petugas BBWSCC sedang memantau aliran Kali Cisadane yang kerap meluap ke Perumahan BSI. FOTO : INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK  – Banjir yang kerap melanda wilayah permukiman di Perumahan Bukit Sawangan Indah (BSI), di Kelurahan Duren Mekar (Dumek), Kecamatan Bojongsari, medapat perhatian serius dari Pemerintah, baik Pusat maupun Daerah. 

Belum lama ini, Balai Besar Wilayah Sungai  Ciliwung Cisadani (BBWSCC) melakukan survei bersama dengan Aparatur Kelurahan Dumek dan pengurus lingkungan di Perumahan BSI, guna mencari akar permasalahan banjir yang selama ini kerap melanda wilayah tersebut.

Muhammad Ibrahim, selaku pelaksana lapangan BBWSCC mengatakan, dari hasil survei yang mereka lakukan, sudah didapati beberapa faktor penyebab banjir di Perumahan BSI.

“Pintu air di sungai yang ada di sebelah perumahan ini sudah rusak, serta pompa juga sudah tidak berfungsi,” kata Ibrahim, sapaanya saat melakukan survei di BSI, belum lama ini.

Dia mengungkapkan, pihaknya akan segera melakukan perbaikan diantaranya, perbaikan pintu air, pompa air, perapin aliran sungai, pengerukan sedimen.

“Perbaikan kemungkinan akan dilakukan empat minggu lagi, setiap kegiatan mungkin waktu pengerjaanya akan berbeda – beda,” bebernya.

Sementara itu,  Ketua RW 05 Kelurahan Dumek, Mudarman mengakui jika dalam rentang dua bulan belakangan ini wilayahnya sudah terndam banjir sebanya delapan kali dengan intensitas banjir yang bervarisi.

“Kami mengalami tiga kali banjir bandang setinggi dua meter,” tutrnya.

 Dia menturkan, banjir tidak dapat diprediksi karena tanpa turun hujan seklaipun, wilayah tersebut bisa saja terkena banjir.

“Mayoritas banjir terjadi karena kiriman air dari Bogor, tapi kalau hujan deras banjir di sini akan makin parah,” tukasnya.

Sementara itu, Madarif selaku Anggota DPRD Kota Depok dari Fraksi Partai PDIP menuturkan, Pemerintah harus segera turun tangan memperbaiki segala kerusakan yang menyebabkan banjir di Perumahan BSI, sebab kejadian ini terus berulan, dan dikhawatirkan dampaknya akan semakin buruk bagi masyrakat baik dari segi kesehatan maupun harta benda masyarakat.

“Segera laksanakan perbaikan, jangan ditunda – tunda lagi,” pungkasnya. (rd/dra)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

Katar bojongsari ke tokoh

Momen Bulan Syawal, Katar Bojongsari Silatutahmi ke Tokoh

KOMPAK : Pengurus Katar Bojongsari sedang bersilaturahmi ke kediaman MPKT Kelurahan Bojongsari, Daud Sulaiman. FOTO

Read More...
Hms dengan pradi

HMS : New Normal harus Disiapkan Diteliti dan Kajian Konferhesif

PEMAPARAN : Ketua Umum HMS Center, Hardjuno Wiwoho saat memberikan pemaparan dalam acara Baksos yang

Read More...
Pasar cisalak disterilisasi

Pasar Cisalak Ditutup Karena 4 Pedagang Positif Virus Korona

  RADARDEPOK.COM, DEPOK – Setelah melakukan swab test dan terdapat empat pedagang Pasar Cisalak, Kecamatan Cimanggis, terpapar virus Korona (Covid-19),

Read More...

Mobile Sliding Menu