Ganti Paspor Tak Kena Denda

In Metropolis
ganti paspor tidak kena denda
ILUSTRASI

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Kabar gembira bagi Anda yang memiliki paspor namun masa berlakunya telah habis. Saat ini kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kota Depok memperpanjang masa pembuatan paspor, kemudian menghapus denda bagi paspor yang telah habis masa berlakunya.

Humas Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Depok, Rima Wulandari menyebutkan, bagi para pemilik paspor yang akan mengganti paspor karena masa berlakunya habis, tidak akan dikenakan denda.

“Meski masa berlakunya habis tidak akan didenda, asal paspornya tidak hilang, dan masih tersimpan,” kata Rima Wulandari kepada Radar Depok.

Dia mengatakan kebijakan tersebut berlaku hingga masa Pandemi Covid-19 dinyatakan selesai. Namun, pihaknya tidak melayani pembuatan paspor umum. Saat ini hanya melayani paspor yang bersifat urgen saja. Seperti pengajuan beasiswa, perjalanan dinas, atau sakit.

“Untuk pengajuan paspor yang bersifat urgen masyarakat juga diminta melampirkan dokumen pendukung dan persyaratan umum lainnya seperti, KTP, Kartu Keluarga, akte lahir/ijazah/surat nikah, dan paspor lama,” kata Rima.

Dia menjelaskan aturan yang telah dibuat tersebut sudah berdasarkan arahan Ditjenim, selaku pemimpin di pusat. “Ini merupakan arahan pusat, kami juga tidak akan menuruti pembuatan paspor yang tidak urgen,” kata Rima.

Namun demikian, pemohon di Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Depok pada saat ini tidak sebanyak dengan pemohon paspor pada umumnya. Saat ini menurutnya pemohon paspor jumlahnya sangat fluktuatif. “Sekarang pemohonnya tidak banyak, sangat fluktuatif. Ada kalanya tidak ada sama sekali, biasanya 0-5 orang yang memohon paspor,” pungkasnya. (rd/rub)

 

Jurnalis : Rubiakto (IG : @rubiakto)

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

vaksin korona baru

Tahap Pertama Ada 40,2 Juta Orang Penerima Vaksin Covid-19 Gratis

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM - Bulan Januari 2021 diagendakan Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan menargetkan untuk menjalankan program vaksinasi. Ini

Read More...
waspada virus korona

Kecamatan Cimanggis jadi Wilayah Terbanyak Covid-19 di Kota Depok

  RADARDEPOK.COM, DEPOK - Sampai Sabtu (2/1), jumlah pasien/kasus virus Korona (Covid-19) di Kota Depok mencapai 3.521 orang Dengan catatan tersebut,

Read More...
Disinfektan PPM Cipayung

Rayakan Ulang Tahun ke-40, PPM Cipayung Semprot Disinfektan

PERINGATI : Pemuda Panca Marga (PPM) Ranting Cipayung semprot disinfektan di tiga titik dalam rangka

Read More...

Mobile Sliding Menu