Jadwal Sidang Selamet Ditangan PN

In Metropolis
berkas slamet masuk ke PN
KOMPAK : Kuasa Hukum Babai saat mendatangi Kejaksaan Negeri Kota Depok, kemarin. FOTO : RUBIAKTO/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Kasus Ketua DPC PKB Kota Depok, Selamet Riyadi akan segera disidangkan di Pengadilan Negeri (PN) Depok. Kepastian tersebut menyusul telah diserahkannya berkas perkara bernomor register : PDM–92/Depok/06/2020 Tanggal 09 Juni 2020. Berkas tersebut diserahkan Kejaksaan Negeri (Kejari) Depok via Bagian Pidana di PTSP PN Depok.

Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Depok, Arif Syafrianto mengatakan, berkas tersangka atas nama Selamet Riyadi telah resmi diserahkan kepada PN Depok.

“Telah dilimpahkannya berkas tersebut, maka kami dari Kejaksaan Negeri Depok yang sebelumnya telah menunjuk dua orang Jaksa Penuntut Umum (JPU),” jelasnya kepada Radar Depok, Jumat (26/06).

Menurutnya, dengan telah dilimpahkannya berkas perkara tersebut. Maka kewenangan menyangkut jadwal persidangan menjadi domain dari PN Depok.

“Untuk agenda persidangan, kami tinggal menunggu dari PN,” katanya.

Selamet Riyadi selaku tersangka, disangkakan melanggar Pasal 310 ayat 1 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 9 bulan kurungan atau Pasal 311 ayat 1 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 4 tahun kurungan.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, perseteruan antara Babai Suhaemi dan Selamet Riyadi yang berujung pelaporan ke polisi. Bermula dari statemen dari Selamet yang mengatakan kalau Babai Suhaemi dipecat dari PKB Kota Depok, dengan alasan penggunaan narkoba.

Malah waktu itu, Selamet Riyadi mengklaim kalau pihaknya memiliki alasan yang kuat terkait hal itu. Oleh karena itu, penggunaan narkoba dijadikan salah satu alasan untuk pemecatan Babai.

Babai Suhaemi yang tidak terima dengan “nyanyian” Selamet Riyadi, melaporkannya ke pihak kepolisian karena merasa nama baiknya telah dicemarkan dan difitnah oleh Selamet Riyadi.

Selamet Riyadi sendiri, atas ulahnya tersebut, oleh pihak kepolisian disangkakan telah melanggar Pasal 310 ayat 1 yang unsurnya adalah dengan sengaja menyerang kehormatan atau nama baik orang lain dengan menuduh orang itu telah melakukan perbuatan tertentu dengan maksud yang nyata agar tuduhan itu diketahui oleh orang banyak karena telah menista dengan tulisan atau penghinaan.

Selain Pasal 310 ayat 1, mantan anggota DPRD Kota Depok ini juga disangkakan dengan Pasal 311 ayat 1 yang unsurnya adalah kejahatan menista dengan tulisan terhadap seseorang.

Sementara, Kuasa Hukum Babai Suhaemi, Taufik berharap dakwaan terhadap tersangka sebagaimana yang termuat dalam berkas, bisa dibuktikan di peradilan. Sehingga Selamet Riyadi sebagai pihak yang telah melakukan perbuatan tersebut, bisa menerima sanksi sebagaimana hukum yang berlaku di negeri ini atas perbuatan yang telah dilakukannya.

“Selamet Riyadi sebagai pihak yang telah melakukan perbuatan tersebut, bisa menerima sanksi sebagaimana hukum yang berlaku di negeri ini,” tukas Taufik. (rd/rub)

 

Jurnalis : Rubiakto (IG : @rubiakto)

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

pelayanan depok jaya

Depok Jaya Hanya Kerahkan 50 Persen Pegawai

TUNGGU PELAYANAN : Warga sedang menunggu pelayanan di kantor kelurahan Depok Jaya. FOTO : INDRA

Read More...
berbagi poka mekarsari

Berbagi Ala Komunitas Poka Mekarsari : Berikan 250 Cup Minuman Gratis ke Jamaah Salat Jumat

GIAT : Komunitas Poka tengah membagikan minuman di depan Masjid Al-Mutaqien RW 14, Kelurahan Mekarsari,

Read More...
usaha kripik nyonya 2

Mengenal Usaha Kripik Nyonya Nugraha : Produksi Masih Tergantung Musim (2)

PRODUK RUMAHAN : Pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) menunjukkan olahan keripik dari kulit pisan

Read More...

Mobile Sliding Menu