produk snacking 1
BRAND: Sendy Septian saat mengenalkan clothing brand buatannya Snacking Choices, Senin (8/6). FOTO : RUBIAKTO/RADAR DEPOK
produk snacking 1
BRAND : Sendy Septian saat mengenalkan clothing brand buatannya Snacking Choices, Senin (8/6). FOTO : RUBIAKTO/RADAR DEPOK

 

Kesuksesan tidak dapat diukur. Dia datang kepada siapa yang mau berusaha dan terus berupaya mengembangkan inovasi. Seperti, yang dilakukan pemilik brand Snacking Choices, Sendy Septian. Dia sukses membangun usaha distro.

Laporan: Rubiakto

RADARDEPOK.COM – Berawal dari kesukaannya berdagang sejak masa sekolah. Kini Sendy Septian merintis usaha clothing di bilangan Cilodong. Sejak sekolah dia mengaku, kerap berdagang barang-barang bekas, dan handphone, melalui akun media sosial. Kecintaannya pada dunia bisnis membuat dia berniat mengembangkan usaha clothing.

“Sejak SMK saya memang suka jualan menggunakan akun media sosial, seperti Facebook untuk menjual handphone, pakaian second, bahkan saat musim sepeda fixie saya juga sempat jualan,” kata Sendy.

Namun, untuk membangun usaha tentu tidak semudah seperti membalikkan telapak tangan. Butuh modal, konsep yang matang, serta jaringan bisnis yang bisa dipercaya.

“Setelah lulus SMK saya coba-coba ngelamar kerja di pabrik, saya juga cari kerja dari kenalan di medsos, beruntung saya bisa langsung kerja di pabrik yang berada di Jalan Raya Jakarta Bogor,” ujar Sendy.

Cara masuk kerjanya pun unik, hanya memposting di media sosial, dan disambut orang yang ingin membantu memasukan kerja. “Saya cuma posting, saya siap memberi imbalan setelah saya masuk kerja,” Sendy menceritakan.

Beruntung postingannya di media sosial langsung di sambut, dan berjanji bisa memasukannya kerja. Dari situ Sendy merintis Snacking Choices. Dia bersama teman kerjanya berjanji untuk sama-sama membangun usaha clothing. Sejak itu, dia mulai menyisihkan gajinya mengumpulkan modal usaha, agar cita-citanya memiliki clothing bisa segera terwujud.

“Saya sisihkan sebagian uang dari gaji saya untuk membangun clothing,” ujar Sendy.

Ditahun pertama membangun usaha menurutnya memang sangat sulit, tidak mudah untuk mengenalkan brand baru kepada masyarakat. “Namanya brand baru pasti belum banyak yang tahu, dan itu sangat sulit untuk mengenalkan brand di pasaran,” terang Sendy.

Oh iya, nama Snacking Choices juga ditemukan begitu saja, dari tempatnya bekerja setelah diputus kontrak dari pabrik. Setelah di putus kontrak, dia mengaku harus tetap memiliki penghasilan, karena untuk kuliah dan mengambil jurusan bisnis.

“Setelah diputus kontrak di pabrik, saya coba kerja di restoran burger, saat buka komputer restoran tiba-tiba ada tulisan Snacking Choices atau makanan ringan pilihan. Keren juga kalau dijadikan brand, dari situ nama Snacking Choices berasal, makanan ringan pilihan yang menjadi pilihan hidup,” beber Sendy.

Sejak itu sekitar tahun 2017 Snacking Choices ada hingga saat ini, dan telah memiliki store di Jalan Raya Abdul Gani RT2/4 Kelurahan Jatimulya, Cilodong, Kota Depoka. (*)

 

Editor : Pebri Mulya