P2M LPPM UNJ Tingkatkan Mutu Pembelajaran

In Pendidikan
pengmas dosen UNJ
VIRTUAL : LPPM Universitas Negeri Jakarta (UNJ) melaksanakan kegiatan Peningkatan Mutu Pembelajaran dengan tema “Pelatihan Peningkatan Mutu Pembelajaran Melalui Penyusunan Instrumen Penilaian Berbasis HOTS bagi Guru-guru Produktif SMK di Jakarta. FOTO : UNJ FOR RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, JAKARTA LPPM Universitas Negeri Jakarta (UNJ) melaksanakan kegiatan Peningkatan Mutu Pembelajaran dengan tema “Pelatihan Peningkatan Mutu Pembelajaran Melalui Penyusunan Instrumen Penilaian Berbasis HOTS bagi Guru-guru Produktif SMK di Jakarta.

Ketua Kegiatan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P2M), Riyadi mengatakan, kegiatan tersebut selaras dengan era digitalisasi yang membuat perubahan cukup besar pada model-model pembelajaran, khususnya terkait dengan penerapan teknologi informasi di segala bidang.

Dalam kegiatan ini, ada juga anggota lainnya, yakni Adi Tri Tyassmadi, dan Ratu Amilia Avianti yang merupakan dosen dari Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik UNJ.

“Menyikapi hal tersebut, maka diperlukan kesiapan para pendidik dalam menyiapkan generasi abad ini untuk memiliki kemampuan 4 Ch (communication, collaboration, creativity, and critical thinking), ucapnya.

Pelaksanaannya pun mengacu pada surat edaran Kementerian Pendidikan Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi prihal Pelaksanaan P2M Tahun 2020, maka kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan secara daring dengan menggunakan video conference zoom meeting, LMS google classroom, serta WA Group.

“Surat edaran tersebut mengimbau kepada semua peneliti dan pelaksana pengabdian masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan dengan memperhatikan aspek keselamatan peneliti, orang lain, serta lingkungan selama pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Dengan berpedoman pada protokol kesehatan pada masa Pandemi virus Korona (Covid-19) ini,” terangnya.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 27 Juni 2020 dimulai  pukul 08.30 sampai dengan pukul 12.00. Acara pelatihan dibuka oleh Wakil Dekan I Fakultas Teknik, Imam Basori.

Kegiatan pelatihan ini di ikuti oleh 30 orang guru dari SMK Negeri 26, SMK Negeri 52, SMK N 5, SMK Negeri 35, dan sebagian guru-guru dari SMK Swasta di Jakarta.

Materi perencanaan pembelajaran berbasis HOTS disampaikan oleh Riyadi, dengan moderator Adi Tri Tyassmadi. Ada tiga hal yang ditekankan dalam materi tersebut, yaitu, bagaimana kondisi pengajar dan fasilitas yang diperlukan, akan dibentuk seperti apa siswanya nanti, serta bagaimana mengantarkan substnasi kedalam longterm memori siswa.

Sedangkan materi penyusunan penilaian berbasis HOTS disampaikan oleh Daryanto yang menekankan pada kesiapan guru dalam menyusun instrument penilaian HOTS untuk dapat mengukur kemampuan critical tinking siswa. Pemaparan materi dilengkapi dengan contoh-contoh soal HOTS.

Acara dilanjutkan dengan diskusi dan workshop latihan melakukan analisis kompetensi dasar, penyusunan kisi-kisi, dans oal-soal HOTS, yang di pandu oleh Ibu Dra. Ratu A Milia Avianti, M.Pd. Acara ditutup pukul 12.00 oleh ketua pelaksana kegiatan P2M, dengan memberikan peluang kepada para guru-guru untuk berdiskusi dan menyusun soal-soal HOTS melalui kelas LMS google classroom, sampai tanggal 4 Juli 2020 dengan bimbingan dari pembicara. (rd)

 

Jurnalis/Editor : Pebri Mulya

You may also read!

anak seperti di sunat

Aneh, Bangun Tidur Anak di Cimpaeun ‘Anunya’ Seperti Disunat

KEJADIAN ANEH : Anak berusia empat tahun di RW 3 Kelurahan Cimapeun, Kecamatan Tapos saat

Read More...
ulama ke idris imam

Persatuan Ulama-Habaib Depok Beri Restu Idris-Imam

DEKLARASI : Dihadiri Paslon Nomor Urut 2 dan elit partai Koalisi TAS, Persatuan Ulama dan

Read More...
penghargaan naik tingkat

Sanggar Ayodya Pala : Siswa Ujian Kenaikan Tingkat Raih Penghargaan

RAIH PENGHARGAAN : Sejumlah siswa Sanggar Ayodya Pala yang telah mengikuti Ujian Kenaikan Tingkat mendapatkan

Read More...

Mobile Sliding Menu